Syafira Nurlita, Peraih Beasiswa UWCSEA Singapura dan Skidmore College New York

Iklan

.

Syafira Nurlita, Peraih Beasiswa UWCSEA Singapura dan Skidmore College New York

Jumat, 02 Agustus 2019
Syafira Nurlita Diapit Kedua Orangtuanya Usai Wisuda di International School UWCSEA Singapura.

Kiprah.Berita11.com— Prestasi membanggakan diraih oleh Syafira Nurlita, putri ketiga Drs Amsor MM (Kabid Penta Latta Disnaker Kota Bima) dengan Rostina S.Sos, warga Perumahan  Rontu Kelurahan Panggi Kecamatan Mpunda Kota Bima.

Alumnus tahun 2015 kelas akselerasi MTsN Padolo Kota Bima tersebut meraih beasiswa S1 Skidmore College New York USA usai menuntaskan pendidikan tingkat SMA di International School United World College of South East Asia (UWCSEA) Singapura.

Sebelumnya Syafira Nurlita adalah siswi kelas 2 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Bima yang kemudian meraih beasiswa sekolah internasional di UWCSEA Singapura.

Drs Amsor MM mengatakan, sebelum memperoleh beasiswa UWCSEA Singapura, putrinya bersaing dengan seluruh peserta dari Indonesia dan ketika itu hanya sembilan orang yang lulus dan memperoleh beasiswa di sekolah internasioal tersebut.

“Pada saat mengikuti tes (SMA Internasional) pilihan pertama putri saya di Jerman dan pilihan kedua di Singapura dan hasil akhirnya di UWC Singapura jurusan IPA,” katanya kepada Berita11.com di Disnaker Kota Bima, Rabu (30/7/2019).

Salah satu anak Indonesia yang meraih beasiswa sekolah internasional pada angkatan yang sama yakni putri Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang. “Putri saya satu angkatan dan satu kelas dengan anak Pak Menteri Sosial. Satu angkatan juga dengan anak Pak Anies Baswedan yang dapat di India, Cuma dia bukan program beasiswa,” ujar Amsor.

Selama menempuh pendidikan di UWCSEA Singpore, putrinya sudah beberapakali mengikuti study tour seperti ke Thailand, Vietnam, Malaysia dan Denpasar. Sebelum memperoleh beasiswa dari sekolah internasional tersebut, putrinya mengikuti program di kampung Inggris Pare di Surabaya.

“Sebelum itu dia juga menjadi tutor Bahasa Inggris untuk teman-temannya waktu masih duduk di bangkus SMAN 1 Kota Bima. Dia sebenarnya tidak pernah kursus, tapi memang dari kecil selalu belajar dari sekolahnya,” ujar Amsor.

Sejak duduk di bangku SDN 49 Rabangodu Kota Bima putrinya langganan sebagai jawara kelas. Prestasinya itu bertahan juga ketika duduk di kelas akselerasi MTsN 1 Kota Bima atau MTsN Padolo. Kemudian berlanjut hingga tingkat SMA dengan meraih beasiswa melanjutkan pendidikan SMA di international school di Singapura.

Di balik prestasi gemilangnya putrinya ini, Drs Amsor masih menghadapi kesulitan biaya. Karena biaya yang ditanggung dari beasiswa Skidmore College New York terhitung biaya dari Jakarta menuju New York USA. Sementara untuk mengurus dokumen lain dan biaya keberangkatan dari Kota Bima ke Jakarta harus dipikirkannya sendiri.

Sesuai informsi dari Skidmore College putrinya dijadwalkan harus berangkat pada 23 Agustus 2019 dari Indonesia menuju New York USA.

“Saat ini persiapn sudah hampir rampung seperti pembuatan VIS di Kedutaan Besar Amerika Serikat,” katanya.

Diungkapkannya, salah satu kesulitan yang dihadapinya harus vaksi meningitis, sedangkan di wilayah Bima dan sekitarnya tidak tersedia vaksin tersebut sehingga harus berangkat ke Mataram. Salah satu kebijakan ditetapkan oleh pemerintah Amerika Serikat, setiap orang yang masuk ke negara tersebut sudah divaksi meningitis.




“Alhamdulillah dari semua program pendidikan yang diikuti di luar negeri dari tingkat SMA di sekolah internasional Singapura maupun pendidikan S1 di kampus Skidmore New York semuanya beasiswa,” ujarnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, Drs Jufri M.Si, mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih keluarga besar Disnaker Kota Bima. 

“Alhamdulillah dengan prestasi yang diraih anak Kabid kita, Kabid Lattas merupakan keluarga dari Disnaker Kota Bima,” ungkapnya melalui sambungan Ponsel.
Prestasi Syafira Nurlita adalah salah satu persembahan anak Kota Bima pada momentum hari anak Indonesia tahun 2019. [R]