Berprestasi di Tengah Anggaran Terbatas, Dinas Perpustakaan Kabupaten Bima Raih Penghargaan Nasional

Iklan

.

Berprestasi di Tengah Anggaran Terbatas, Dinas Perpustakaan Kabupaten Bima Raih Penghargaan Nasional

Friday, January 3, 2020
Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, Basyirun M.Pd



Kiprah.Berita11.com— Meskipun dengan permasalahan anggaran yang terbatas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Bima mampu menunjukan prestasi nasional. Penghargaan itu diraih dinas setempat pada akhir tahun 2019 belum lama ini.

Penghargaan diberikan pada malam penutupan kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Perpustakaan tingkat Nasional awal Desember 2019 lalu, di Hotel JW Marriot Surabaya Jatim. Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Basyirun, M.Pd yang mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima. penyerahan penghargaan disaksikan 1100 orang peserta PLM di seluruh Indonesia.

Kepala Bidang Perpustakaan, Basyirun, M.Pd mengatakan, bahwa prestasi itu merupakan bukti nyata pengakuan pemerintah pusat atas kinerja terbaik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima.

“Kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi ini, dan ini adalah wujud kerja keras dan kerja cerdas semua Tim Literasi di Perpusda, tiada hari tanpa inovasi,” kata pria asal Kecamatan Lambu ini, saat diwawancara awak media.

Mantan Kepala Seksi Kurikulum Bidang Dikmen Dinas Dikpora Kabupaten Bima ini, juga menceritakan kondisi awal Perpusda Kabupaten Bima yang tidak nyaman dan tidak populer. Setelah itu, dirinya melakukan sejumlah terobosan-terobosan dan inovasi di bidang layanan sehingga menjadi sangat populer dari desa hingga ke pusat seperti saat ini.

Atas kinerja terbaik itu,  pada tahun 2019, pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima sebagai pilot project Program Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi sosial dan literasi untuk kesejahteraan, bersama 59 kabupaten/kota lain.

Tak hanya penghargaan tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima mendapatkan dukungan anggaran Rp8,6 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 untuk pembangunan fasilitas gedung layanan perpustakaan daerah.

“Dengan alokasi untuk pembangunan gedung itu dapat meningkatkan minat baca masyarakat, untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Bima sebagai kabupaten literasi,” ungkapnya. [RD]