NTB Dilirik Menjadi Model Kesetaraan Gender Nasional

Iklan

.

NTB Dilirik Menjadi Model Kesetaraan Gender Nasional

Tuesday, June 23, 2020
Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah. 

Mataram, Berita11.com— Memiliki Wakil Gubernur perempuan membuat Provinsi Nusa Tenggara Barat NTB disebut sebagai contoh daerah dengan kesetaraan gender yang baik. Tak heran jika NTB dilirik menjadi model nasional bagaimana perempuan diberikan peran di segala bidang.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Ir Agustina Erni M.Sc, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) saat membuka acara webbinar WIE IEEE bertajuk Women in Leadership pada Senin 22 Juni 2020.

“NTB akan dijadikan model bagaimana perempuan diberikan peran tak hanya di ranah domestic namun juga di berbagai bidang termasuk pemerintahan,” kata Ir Agustina Erni, M.Sc, yang mewakili Menteri KPPPA.

Dalam webbinar yang diikuti 549 peserta se-Indonesia tersebut, Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah menyambut baik hal tersebut. Ummi Rohmi panggilan akrabnya menceritakan bagaimana perempuan di Provinsi NTB sudah masuk ke berbagai bidang profesi. Tak hanya di bidang pemerintahan, namun juga di bidang engineering dan sains.

Data terakhir penduduk usia kerja, angkatan kerja dan TPAK menurut jenis kelamin di Provinsi NTB pada tahun 2018 menunjukan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan pada tahun 2018 sebesar 54,25 persen. Angka ini memang lebih rendah bila dibandingkan dengan TPAK penduduk laki-laki sebesar 78,83 persen. Dalam rilis BPS Statistik Gender NTB 2018 menyebutkan ini wajar terjadi, karena penduduk laki-laki umumnya yang menjadi tulang punggung keluarga (bread winner) dalam sistem patriarkal. Namun data TPAK perempuan sebesar 54,25 persen menunjukan perempuan sudah banyak yang terjun di bidang profesi.

Masuknya perempuan di ranah profesional, kata Ummi Rohmi, sudah cukup diterima oleh masyarakat. Meskipun masih menyisakan PR stigma negative di kalangan masyarakat, namun biasanya perempuan yang sudah terjun ke dalam dunia profesi tak akan terganggu dengan stigma negative tersebut. Perempuan-perempuan tersebut akan membuktikan bahwa mereka mampu membagi peran antara keluarga dan jabatan. Sehingga dengan bukti nyata tersebut lama-lama akan mengikis stigma negative yang ada.

“Saya tidak terlalu terganggu dengan stigma perempuan yang sering diremehkan, karena memulai dari dunia professional. Kita bisa menunjukan kepada masyarakat melalui aksi nyata,” kata Wagub yang pernah menjabat sebagai General Foreman di PT Newmont Nusa Tenggara tahun 2000-2009.

Ummi Rohmi yang juga merupakan alumni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) mengaku, background pendidikan engineering yang dimilikinya sangat bermanfaat pada setiap jenjang karier yang dimilikinya. Ditambah perannya sebagai perempuan dalam rumah tangga yang menuntutnya untuk selalu disiplin dan multitasking. Hal tersebutlah yang mengantarkannya mendapatkan berbagai capaian yang dimilikinya sekarang, sehingga dirinya berharap dapat menginspirasi perempuan-perempuan yang lain.

“Menjadi perempuan adalah kelebihan bagi saya. Membuat saya bisa mengambil banyak opportunity di bidang-bidang yang lain,” tandasnya. [B-24/*]