Wagub NTB Tekankan Semua Pemda harus Tracing Masif

Iklan

.

Wagub NTB Tekankan Semua Pemda harus Tracing Masif

Monday, August 3, 2020
Wagub NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah dan Sekda NTB, HL Gita Ariadi M.Si.

Mataram, Berita11.com— Angka pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi NTB terus mengalami penambahan yang signifikan. Bahkan jumlah orang yang meninggal karena Covid-19 pun mengalami peningkatan setiap harinya. Tentu hal ini membutuhkan keseriusan dari pemerintah provinsi bersama Kabupaten /Kota untuk melacak sumber penyebaran Covid-19 serta di sisi lain terus meningkatkan sosialisasi dan disiplin protokol kesehatan.

"Kita harus tegas menangani penyebaran Covid-19. Semua kabupaten kota harus kita tracing secara masif," tegas Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat memimpin rapat penanganan Covid-19 di kantor gubernur NTB, Senin (03/08).

Didampingi Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, Ummi Rohmi menyebutkan tracing masif wajib ditingkatkan agar penanganan covid-19 lebih tepat dan terukur. Pemerintah tidak boleh lengah, kebijakan harus ditegaskan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di seluruh daerah NTB.

"Ini masalah kesehatan dan nyawa orang. Jadi seluruh pedoman kesehatan Covid-19 harus dijalankan sebaik mungkin," jelas Rektor Universitas Hamzanwadi tersebut

Karena itu, lanjut Ummi Rohmi,pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten kota harus seirama dalam menangani penyebaran Covid-19, agar tidak terbuang percuma energi dan anggaran yang telah dikucurkan selama ini.

"Saat ini kita sedang perjuangkan nasib dan nyawa masyarakat," seru Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur (2009—2013) tersebut.

Ummi Rohmi juga mengingatkan agar para kepala daerah tetap fokus dan tidak acuh tak acuh dalam menangani covid-19. Menurutnya, jika ini dibiarkan akan menjadi bom waktu yang tak terhindarkan. Sehingga orang tua, anak-anak yang rentan terhadap Covid-19 akan tertular semua.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi menyebutkan, hingga saat ini angka pasien positif tertinggi ada di Kota Mataram dengan jumlah 289 orang. Disusul Kabupaten Lombok Barat dengan angka pasien positif 185 orang.

"Melihat kasus yang bertambah, dinas kesehatan provinsi dan kabupaten kota terus berupaya untuk meningkatkan kegiatan tracing terutama di lingkungan pasar yang ada di Kota Mataram," jelasnya

Ia menjelaskan, bahwa semua kabupaten kota di NTB masuk dalam kategori resiko tinggi penyebaran Covid-19. Karena itu, meski di masa kelonggaran yang terjadi di mana-mana pemerintah terus berikhtiar untuk mencegah penyebarannya. Dengan mengedepankan kegiatan tracing harus dimasifkan lagi.

Dari data gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 tingkat Provinsi NTB update 2 Agustus 2020 menyebutkan bahwa Kota Mataram terjadi penambahan pasien Covid-19 sebanyak 6 orang, sembuh 3 orang tanpa ada yang terkonfirmasi meninggal. Lombok barat penambahan positif 15 orang, sembuh 3 orang dan meninggal 2 orang. Sementara untuk Lombok Tengah, 1 orang terkonfirmasi positif, sembuh 1 orang tanpa ada yang meninggal. Lombok Utara, 1 orang terkonfirmasi positif. Lombok Timur 4 orang positif, sembuh 1 orang. Kabupaten Dompu, 8 orang terkonfirmasi positif tanpa sembuh dan yang meninggal. Sedangkan untuk kabupaten Sumbawa, KSB, Kabupaten Bima dan Kota Bima masih dalam keadaan aman dan terkendali. [B-24/*]