Sasaran Gemar Literasi di Kabupaten Bima Ditetapkan, ini Jumlah Sekolah yang Digenjot

Iklan

.

Sasaran Gemar Literasi di Kabupaten Bima Ditetapkan, ini Jumlah Sekolah yang Digenjot

Tuesday, April 27, 2021




Bima, Berita11.com— Belum lama ini, Tim Gemar Literasi STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima sukses membangun kemitraaan dengan Inovasi Indonesia. Untuk melangkah ke tahap berikutnya, tim yang beranggotakan enam orang itu menggelar workshop finalisasi sekolah dan desa sasaran program di kantor Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima, Jumat (23/4/2021) lalu.

Pelaksana Tugas Kepala Bappeda H. Fahrudin S.Sos. M.Ap, dalam sambutannya menjelaskan, strategi pelaksanaan program tersebut mencakup peningkatan literasi, numerasi dan inklusi. Hal tersebut juga merupakan program prioritas pembangunan daerah pada sektor pendidikan.

“Sejauh ini kami sudah melakukan koordinasi dengan Tim Gemar Literasi dari STKIP Taman Siswa Bima. Tahapan perencanaan di tingkat kabupaten dan provinsi sudah dilaksanakan dan masih menunggu musyawarah perencanaan pembangunan nasional (Musrenbangnas, red),” tukasnya.

Sementara itu, Kadis Dikbudpora Kabupaten Bima, Zunaidin S. Sos, MM menaruh harapan besar pada program tersebut. Menurutnya, kendala teknis yang dihadapi oleh pihaknya adalah distribusi guru. Karena banyak guru yang tidak berkenan ditempatkan desa-desa terluar.

“Kami berharap, titik sasaran dan wilayah untuk menjalankan program adalah di daerah 3T. Karena banyak tenaga pendidik yang butuh untuk didampingi, sehingga pelaksanaannya dapat terus bergulir, meski programnya telah selesai,” harapnya.

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si mengapresiasi tim Gemar Literasi. Untuk menyukseskan program, dia berharap ada kerja sama dan kolaborasi yang apik antara tim, Pemkab dan Inovasi.

“Berbicara tentang literasi, tidak bisa bekerja secara sektoral, tetapi harus komunal dan bersama-sama. Paradigma aku bisa, harus diubah ke kami bisa, sehingga harapan berupa percepatan capaian bisa dilakukan. Kata kuncinya adalah kolaborasi dan percepatan,” ujar Ibnu.

Ibnu mengatakan, pada tahun 2021 STKIP Taman Siswa bekerja pada tiga kecamatan yang meliputi 21 sekolah dasar dan 4 madrasah ibtidaiyah. “Nanti ada usulan sekolah-sekolah mana yang bisa difasilitasi oleh kegiatan Gemar literasi ini,” pungkasnya.

Workshop berlangsung lancar dan kondusif. Hadir saat kegiatan Plt. Kepala Bappeda, Kadis Dikbudpora, kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bima, perwakilan Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, DPMDES Kabupaten Bima, perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Bima, manager program. Selain itu, kegiatan juga diikuti Dr Syarifudin S.Si., M.Pd yang pada kesempatan tersebut memaparkan program dan titik sasaran. Kegiatan ditutup penandanganan nota kesepahaman antara sejumlah pihak yang terlibat.

Sebelumnya, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Tamsis Bima yang dihadiri oleh Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si beserta sejumlah PLTK lainnya, juga menadatangani MoU dengan pihak Inovasi berkaitan program Relawan Literasi. Penandatangan digelar 26 Maret 2021 lalu. Hadir pada kegiatan yang dilaksanakan secara virtual itu, Ketua Assosiasi Dosen LPTK Prof Dr H A Wahab Jufri M.Sc, Direktur Program INOVASI Autralia, Mark Heyward, dan sejumlah pimpinan perguruan tinggi. [B-11]