Gedung Kesenian Kota Bima akan Diresmikan 2 Mei 2018

Iklan

.

Gedung Kesenian Kota Bima akan Diresmikan 2 Mei 2018

Monday, January 1, 2018
Gedung Kesenian Kota Bima di Kelurahan Rabangodu Kecamatan Raba

Kota Bima, KontrasBima— Meski sempat mangkrak selama 12 tahun, proyek pembangunan gedung kesenian di Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima saat ini sedang dirampungkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima.
Rencananya, bangunan itu akan diresmikan pada 2 Mei tahun 2018 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional mendatang.

“Ini proyek sudah lama mangkrak dari tahun 2005. Insya Allah, kita rencanakan peresmiannya 2 Mei pas Hari Pendidikan Nasional,” kata Kepala Dinas Dikbud Kota Bima, Drs. Alwi Yasin, M. AP kepada KontrasBima di lokasi proyek, Senin (27/11/2017).

Alwi menjelaskan anggaran pembangunan lanjutan gedung sebesar Rp5 miliar bersumber dari APBD Kota Bima tahun 2017. Anggaran itu digunakan untuk penataan bagian atap, dinding dan lantai bangunan. Sementara untuk tahap penyelesaian, pihaknya telah mengusulkan Rp2 miliar pada APBD tahun 2018.

“Sisanya tinggal finishing. Untuk dekorasi seperti, plafon, instalasi listrik, kursi, pengeras suara, AC, lampu, pagar, taman dan lahan parkir,” ujarnya.

Ia mengatakan gedung akan dimanfaatkan secara komersial sebagai pusat kegiatan seni budaya dan bahasa. Daya tampungnya sekitar 1000 orang yang diklaim lebih besar dibandingkan Paruga Nae Convention Hall. Selain itu, di dalam gedung juga telah disiapkan tempat khusus bagi para awak media yang meliput.

Alwi menambahkan rencananya pemanfaatan gedung diserahkan pada pihak ketiga. Sementara itu, ketentuan pengelolaan gedung akan ditetapkan melalui peraturan daerah.

“Ini kan jadi aset daerah, sumber PAD. Tarifnya akan diatur dalam perda. Kita akan atur semuanya sembari menunggu pengerjaan selesai,” tandasnya. (ID)