Hadapi Masyarakat dengan Senyum

Iklan

.

Hadapi Masyarakat dengan Senyum

Sabtu, 27 Januari 2018
Hj Mariamah SH. Foto Berita11.com
Kiprah.Berita11.com— Tak mudah memimpin organisasi perangkat daerah (OPD) yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Selain butuh kemampuan manajemen, juga butuh kesabaran serta kemampuan komunikasi.

Itu setidaknya yang sudah mampu dibuktikan Hj Mariamah SH, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bima.  Sudah lebih dari empat tahun, alumnus Fakultas Hukum Universitas Mataram tahun 1991 silam ini memimpin OPD setempat.

“Memang kadang ada yang datang marah-marah (urus KTP dan kartu keluarga). Tapi walaupun ada yang marah-marah kita harus hadapi dengan sabar. Alhamdulillah setelah dijelaskan tentang mekanisme dan aturannya secara pelan-pelan rata-rata mengerti,” ujar Mariamah kepada Kiprah Berita11.com.

Menurut  pejabat kelahiran Bima, 11 Maret 1967 silam ini, tak selamanya orang memandang sebelah mata kiprah kaum hawa. Hal itu setidaknya dirasakannya setelah lebih dari delapan tahun memimpin sejumlah OPD.

Sebelum menjadi Kepala Disdukcapil Kota Bima, Hj Mariamah tercatat pernah memimpin Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima. Selain itu tercatat sebagai Kepala Bagian Tata Organisasi Setda Kota Bima dan Kepala Bagian Hukum Setda Kota Bima.

“Jadi sudah delapan kali mutar-mutar sebagai eselon tiga sebelum menjadi kepala dinas seperti sekarang ini,” katanya.

Mariamah percaya bekerja maksimal adalah cara terbaik menunjukkan kinerja kepada atasan tanpa harus melakukan berbagai pendekatan.

Karir alumnus SMAN Ampenan Mataram Tahun 1986 ini dimulai sebagai pegawai Sospol Kabupaten Bima setelah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil Tahun 1993. (IR)