Langsung ke konten utama

Hadapi Masyarakat dengan Senyum

Hj Mariamah SH. Foto Berita11.com
Kiprah.Berita11.com— Tak mudah memimpin organisasi perangkat daerah (OPD) yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Selain butuh kemampuan manajemen, juga butuh kesabaran serta kemampuan komunikasi.

Itu setidaknya yang sudah mampu dibuktikan Hj Mariamah SH, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bima.  Sudah lebih dari empat tahun, alumnus Fakultas Hukum Universitas Mataram tahun 1991 silam ini memimpin OPD setempat.

“Memang kadang ada yang datang marah-marah (urus KTP dan kartu keluarga). Tapi walaupun ada yang marah-marah kita harus hadapi dengan sabar. Alhamdulillah setelah dijelaskan tentang mekanisme dan aturannya secara pelan-pelan rata-rata mengerti,” ujar Mariamah kepada Kiprah Berita11.com.

Menurut  pejabat kelahiran Bima, 11 Maret 1967 silam ini, tak selamanya orang memandang sebelah mata kiprah kaum hal. Hal itu setidaknya dirasakannya setelah lebih dari delapan tahun memimpin sejumlah OPD.

Sebelum menjadi Kepala Disdukcapil Kota Bima, Hj Mariamah tercatat pernah memimpin Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima. Selain itu tercatat sebagai Kepala Bagian Tata Organisasi Setda Kota Bima dan Kepala Bagian Hukum Setda Kota Bima.

“Jadi sudah delapan kali mutar-mutar sebagai eselon tiga sebelum menjadi kepala dinas seperti sekarang ini,” katanya.

Mariamah percaya bekerja maksimal adalah cara terbaik menunjukkan kinerja kepada atasan tanpa harus melakukan berbagai pendekatan.

Karir alumnus SMAN Ampenan Mataram Tahun 1986 ini dimulai sebagai pegawai Sospol Kabupaten Bima setelah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil Tahun 1993. (IR)

Postingan populer dari blog ini

Gedung Kesenian Kota Bima akan Diresmikan 2 Mei 2018

Kota Bima, KontrasBima— Meski sempat mangkrak selama 12 tahun, proyek pembangunan gedung kesenian di Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima saat ini sedang dirampungkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima. Rencananya, bangunan itu akan diresmikan pada 2 Mei tahun 2018 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional mendatang.
“Ini proyek sudah lama mangkrak dari tahun 2005. Insya Allah, kita rencanakan peresmiannya 2 Mei pas Hari Pendidikan Nasional,” kata Kepala Dinas Dikbud Kota Bima, Drs. Alwi Yasin, M. AP kepada KontrasBima di lokasi proyek, Senin (27/11/2017).
Alwi menjelaskan anggaran pembangunan lanjutan gedung sebesar Rp5 miliar bersumber dari APBD Kota Bima tahun 2017. Anggaran itu digunakan untuk penataan bagian atap, dinding dan lantai bangunan. Sementara untuk tahap penyelesaian, pihaknya telah mengusulkan Rp2 miliar pada APBD tahun 2018.
“Sisanya tinggal finishing. Untuk dekorasi seperti, plafon, instalasi listrik, kursi, pengeras suara, AC, lampu, pagar, taman…

Perbub Dana Desa Tahun 2018 Ditargetkan Rampung Januari

Bima, KontrasBima— Peraturan bupati (Perbub) mengenai prioritas dana desa tahun 2018 masih dalam tahap perancangan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) menargetkan regulasi itu akan terbit pada Januari 2018 mendatang.
“Perbub belum selesai karena masih kita rancang. Insya Allah paling lambat Januari 2018,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMDes Kabupaten Bima, Faisal kepada KontrasBima di DPMDes Kabupaten Bima, Kamis (23/11/2017) lalu.
Faisal menuturkan, pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan telah menginstruksikan daerah untuk segera membuat regulasi tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2018 yang merujuk peraturan Menteri Desa PDT dan Transmigrasi.
Menurutnya, secara umum prioritas penggunaan dana desa tahun 2018 masih didominasi bidang pembangunan dan pemberdayaan.
“Kita sedang mengkaji dan menerjemahkan ketentuan kementerian. Penekanannya masih di bidang pembangunan dan pemberdayaan,” katanya. (ID)

Tiga Wanita Cantik Dijaring dari Kafe di Dompu

Dompu, KontrasBima— Tim operasi gabungan Cipta Kondisi (Cipkon) Kabupaten Dompu yang dipimpin Kabag Ops Polres Dompu Kompol Muhammad Yanis, SIK, MH mengamankan sedikitnya tiga wanita yang terindikasi positif menggunakan Narkoba saat menyisir sejumlah kafe di wilayah Dompu, Jumat (29/12/2017) malam.
Tiga wanita yang terindikasi positif menggunakan Narkoba yaitu S (26 tahun) asal Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu yang diamankan dari kafe ADK di Lingkungan Kota Baru.
Dua wanita lain diamankan dari kafe di Kelurahan Karijawa Kabupaten Dompu. Ketiga wanita tersebut digiring ke Mapolres Dompu karena berdasarkan hasil pemeriksaan urine terindikasi positif menggunakan Narkoba.
“Setelah tim kami melakukan beberapa pemeriksaan di beberapa tempat hiburan, limadi antaranya positif menggunakan Narkoba. Dua di antaranya laki-laki, dan tigaperempuan. Selanjutnya ketiga orang tersebut kami bawa ke Polres untuk ditindak lanjuti,” kata Kompol Muhammad Yanis dikutip dari laman Tibrata New…