Mampu Identifikasi Orang dan Pemilik Kendaraan, CCTV Terintegrasi Command Center Siap Awasi Ketertiban di NTB

Iklan

.

Mampu Identifikasi Orang dan Pemilik Kendaraan, CCTV Terintegrasi Command Center Siap Awasi Ketertiban di NTB

Wednesday, November 20, 2019
CCTV Command Center Polda Nusa Tenggara Barat. 

Mataram, Kiprah.Berita11.com—  Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Provinsi NTB mengadakan rapat membahas upaya kerja sama dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap masyarakat dengan penempatan CCTV dan integrasi Command Center.  Kegiatan digelar di Ruang Rapat Rupatama PoldaNTB (13/11/2019).

Kerja sama tersebut akan dikukuhkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU).

MoU berkaitan penempatan perangkat CCTV Command Center Polda NTB di lokasi milik Pemrov NTB dan lembaga nonpemerintah. Terintegrasinya sistem kamera pengawas (CCTV) dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Instansi pemerintah dan swasta yang tercakup dalam MoU tersebut, Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi NTB Barat dengan Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Mataram, Dinas Peumahan dan Pemukiman Provinsi NTB, Dinas Perumahan dan Pemukiman Lombok Barat, Dinas Perhubungan Lombok Barat, Dinas Perhubungan Lombok Utara, PT Telkom Pusat Jakarta, PT Telkom Mataram, Presiden Direktur PT ITDC, GM Angkasa Pura, ASDP Lembar, dan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia.

“Di Polda ini, Gedung Command Center sudah ada, tinggal bagaimana kita memantapkan kerja samanya. Kerja samanya juga harus sama dan setara. Harus keduanya meguntungkan,” tutur Brigjen. Pol. Drs. Tajuddin, M.H yang memimpin rapat.

Command Center sendiri merupakan teknologi yang mengintegrasikan dari seluruh aplikasi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lainnya, yang diwujudkan dalam satu dashboard sehingga bisa dilihat secara visual, real time, dan bermanfaat bagi pengendalian operasional serta pelayanan kepolisian.

Command Center bisa juga untuk mengendalikan, mengontrol dan mengarahkan petugas di lapangan yang terdekat dengan lokasi kejadian untuk mengetahui dan menindaklanjuti laporan dari masyarakat.

Salah satu aplikasi unggulan yang terintegrasi dengan command center berupa CCTV monitoring dan terintegrasi dengan video analytics. Di mana command center bisa mengintegrasikan sistem aplikasi pengenalan wajah melalui CCTV. Dapat merekam wajah orang, mencatat detil waktu, lokasi orang tersebut terdeteksi dan bisa langsung memutar rekaman saat orang tersebut melintas. Sistem ini telah diintegrasikan dengan database Dinas Dukcapil, sehingga wajah yang terekam bisa langsung dikenal identitasnya sesuai E-KTP.

Sistem ini juga bisa mendeteksi plat nomor kendaraan langsung terintegrasi dengan database Samsat Korlantas Polri, serta dapat mengestimasi jumlah kerumunan di suatu area yang sudah ditentukan sebelumnya.

Command center ini bisa mengintegrasikan sistem aplikasi menghitung jumlah kendaraan melalui CCTV yang terinstal ada 1 lokasi CCTV, gerbang timur Polda NTB. Dapat menghitung jumlah kendaraan berdasarkan tipe kendaraan disuatu area yang sudah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, command center juga terintegrasi dengan call center 110. Masyarakat yang melaporkan melalui call center 110 dapat ditampilkan pada dashboard command center sehingga dapat diketahui lokasi atau posisi di mana pelapor berada berdasarkan BTS dan nomor telepon yang digunakan. Command center juga dapat terintegrasi dengan video conference antara Polda, Polres,Polrestabes  se-NTB yang berjumlah sembilan Polres.
Di dalam SPOT juga  terdapat aplikasi SISLAPHAR (Sistem Laporan Harian), di mana menampilkan tren kriminalitas dan perkembangan gangguan Kamtibmas Polda NTB dan jajaran secara berkala; harian,  mingguan, bulanan, tahunan.


Untuk mengevaluasi laporan gangguan Kamtibmas, serta command center juga dapat digunakan untuk memonitoring sosial media, mengetahui trending topik pada sosial media diambil dari google, youtube dan twitter se-wilayah NTB dan sekitarnya dan terintegrasi dengan aplikasi Polisiku.

Penyebaran CCTV monitoring Command Center Polda NTB nantinya akan dipasang di beberapa lokasi strategis seperti di obyek vital NTB berupa pintu masuk dan keluar wilayah NTB, pusat keramaian wilayah NTB, wilayah rawan kriminal NTB serta wilayah rawan demonstrasi di NTB.


“Pemasangan CCTV ini tentunya untuk menjaga keamanan dan ketertiban bersama dan dibutuhkan kerja sama antara aparat, Pemerintah Provinsi NTB serta masyarakat untuk menjaganya bersama,” tandas Wakalpoda. [EM]