40 Anggota PPK untuk Pilkada 2020 Kabupaten Dompu Dilantik

Iklan

.

40 Anggota PPK untuk Pilkada 2020 Kabupaten Dompu Dilantik

Sabtu, 29 Februari 2020
Suasana Pelantikan 40 Anggota PPK se-Kabupaten Dompu dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Tahun 2020 yang Berlangsung di Aula KPU Kabupaten Dompu, Sabtu (29/2/2020).

Dompu, Kiprah.Berita11.com—  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020. Kegiatan digelar di Aula KPU Kabupaten Dompu di Jalan Bhayangkara Nomor 06 Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Sabtu (29/2/2020).

Setelah pengambilan sumpah 40 anggota PPK untuk Pilkada 2020 Kabupaten Dompu dipimpin Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs Arifudin.

Puluhan nama anggota PPK se-Kabupaten Dompu yang dilantik yaitu:

Kec. Dompu
1) Muhamad Zailany
2) Agus Rizal
3) Ilham
4) Wahyudin
5) Sri Irjayanti

Kec. Pajo
1) Firmansyah
2) Silviani Agustina
3) Avan Afrullah
4) Muhamadin
5) Lu'uwal Marjan

Kec. Hu'u
1) Supartini
2) Gunardin
3) Sahnan Jayadi
4) Mahruf
5) Muhammad Izzul Islam

Kec.  Woja
1) Syalahuddin
2) Irfan
3) Alimin
4) Desi Wahyuningsih
5) Muh. Irfan

Kec. Manggelewa
1) Saiful Bahri
2) Harto Ariyanto
3) M. Zulsalimun
4) Maswan
5) Dedi Fahrudin

Kec. Kilo  
1) Endang Pujiastuti
2) Firdaus
3) Faruk
4) Bambang
5) Muhammad Subhan

Kec. Kempo
1) Syamsuddin
2) Muhammad Azhar
3) Safrin
4) Yuni Khaerunissa
5) Agus

Kec Pekat
1) Hermansyah
2) Imran Syamsuri
3) Hasbullah
4) Muh Hiftansyah
5) Sudirman

Kegiatan kemudian dilanjutkan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas anggota PPK yang dilantik.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Dompu Drs Arifudin, mengatakan, pihaknya berharap anggota PPK segera menyesuaikan diri dengan lingkup tugas yang baru. Hal utama yang mesti menjadi atensi PPK yang dilantik yaitu menjaga netralitas, jujur dalam melaksanakan tugas sebagai anggota PPK.

“Suksesnya tugas pelaksanaan Pilkada tergantung penyelenggara dengan dukungan aparat keamanan TNI/Polri dan lembaga, serta pihak terkait lainnya. Tugas lain penyelenggara Pilkada yakni merencanakan dan melaksanakan anggaran Pilkada dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Dompu ini menyampaikan apresiasi terhadap Pemkab Dompu yang telah memberikan dana hibah untuk Pilkada. Dalam tahapan pencairan anggaran selama lancar tanpa kendala.

Dikatakannya, 1 Oktober 2019, KPU Kabupaten Dompu telah menandatangani NPHD Rp15 milyar. Rinciannya, untuk honorer badan adhoc mulai dari PPK hingga PPS dan petugas lapangan lainnya (KPPS) Rp7,7 milyar dan sisanya untuk logistik.

“Tidak ada larangan bagi PNS/ASN atau honorer untuk menjadi anggota PPS di desa/kelurahan,” katanya.

Dikatakannya, KPU Kabupaten Dompu telah menerima data Daftar Pemilih Pemilu Potensial (DP4) dari Kemendagri RI sebanyak 164.631.

Bupati Dompu Drs H. Bambang M. Yasin berharap agar Pilkada 2020 di Kabupate Dompu berlangsung aman dan damai, serta mendapatkan output pemimpin daerah yang terbaik.


Menurutnya,  berkaitan Pilkada, banyak agenda atau program Pemkab Dompu yang tertunda untuk tahun 2020, karena sebagian anggaran difokuskan untuk Pilkada.

“Namun hal itu tidak akan mengganggu kegiatan dan program lainnya. Karena, menganggarkan untuk pelaksanaan Pilkada adalah hukumnya wajib,” katanya.

Pihaknya tetap mengijinkan ASN menjadi anggota PPS Pilkada serentak tahun 2020, karena hal itu merupakan tugas negara.

Adapun Devisi Data dan SDM KPU Provinsi NTB, Ir H Syamsudin berharap anggota PPK segera melaksanakan tugasnya dengan baik. Karena tugas tersebut merupakan amanah dari negara yang harus dijalankan dengan baik. 

“Terkait adanya kasus yang dialami oleh salah satu oknum anggota komisioner KPR RI, supaya hal itu tidak melemahkan semangat para penyelenggara Pemilukada. Kejadian tersebut akan menjadi motivasi dan tantangan untuk membuktikan bahwa Pilkada serentak di seluruh Indonesia bisa menghasilkan Pemilukada yang baik, amanah dan Jurdil,” ujar mantan anggota Bawaslu Provinsi NTB ini.

Ditambahkannya, anggota PPK adalah ujung tombak suksesnya Pilkada setentak tahun 2020. Pada tahun 2020 terdapat 270 kota kabupaten di Indonesia yang melaksanakan Pilkada serentak.

Kegiatan kemudian dilanjutkan penyampaian selamat kepada anggota PPK se-Kabupaten Dompu yang dilantik.

Selain ketua dan anggota KPU Kabupaten Dompu, pelantikan juga dihadiri  Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, Dandim 1614/ Dompu, Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom, Ketua DPRD Kabupaten Dompu Andi Bakhtiar, anggota KPU Provinsi NTB, Ir H Syamsuddin,  Perwakilan Kajari Dompu Rizky Ramadhan SH, ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Drs Irwan dan anggota,  Sekretaris Bawaslu Kabupaten Dompu  H Irham SH,  Kepala Bakesbapol Kabupaten Dompu Ir H Fakhrurozi, Kepala Kemnag Kabupaten Dompu  Drs H Samsul Ilyas. [B-23]