Dukung Program Wali Kota, SMPN 2 Kota Bima Gelar Sosialisasi Sekolah Ramah Anak

Iklan

.

Dukung Program Wali Kota, SMPN 2 Kota Bima Gelar Sosialisasi Sekolah Ramah Anak

Sabtu, 22 Februari 2020
Suasana Sosialisasi Sekolah Ramah Anak di SMPN 2 Kota Bima. Kegiatan ini Mendukung Program Wali Kota Bima dalam Mewujudkan Kota Bima Ramah Anak.


Kota Bima, Kiprah. Berita11.com— Dalam rangka menyambut Kota Bima sebagai Kota Ramah Anak yang dicanangkan oleh Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi SE, SMPN2 Kota Bima menyambut dengan antusias. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi Sekolah Ramah Anak.

Kepala SMPN 2 Kota Bima Jufri S.Pd mengatakan, pihaknya membentuk panitia Sekolah Ramah Anak yang berperan mulai dari kegiatan sosialisasi, proses kegiatan  hingga evaluasi hasil kegiatan selama satu tahun.  

“Kegiatan yang lagi gencar dilakukan adalah sosialisasi kepada seluruh siswa SMPN 2 Kota Bima yang berjumlah 921 siswa. Tujuannya, agar merasa senang berada di sekolah dan guru-guru merasa tenang dengan suasana yang ada di sekolah,” katanya di SMPN 2 Kota Bima, Rabu (19/2/2020) lalu.

Dikatakannya, melalui upaya itu, diharapkan para orang tua siswa bahagia menyekolahkan anak mereka di SMPN 2 Kota Bima.

Kegiatan semacam ini bukan hal baru bagi pihaknya, karena waktu menjadi guru di SMPN 1 Kota Bima sudah pernah memimpin berbagai kegiatan. Mulai dari program kelas unggulan, sekolah sehat, sekolah adiwiyata. Bahkan ketika menjadi ketua program Sekolah Adiwiyata meraih juara 1 tingkat Provinsi NTB.

“Tadi siang  sekira pukul 10.00 Wita  semua Bapak Ibu guru yang jumlahnya 75 orang dan staf TU sebanyak 16 orang ikut dalam kegiatan sosialisasi Sekolah Ramah Anak dengan mengundang unsur Dinas Dikbud yang diwakili oleh Kabid Dikdas Kota Bima bersama Pengawas  Pembina Sekolah SMP, agar ada kesamaan visi dan misi dalam pelaksanaan Sekolah Ramah Anak,” katanya.

Jufri berharap, melalui kegiatan itu, semua unsur yang ada di sekolah, mulai dari pimpinan, guru, staf TU serta siswa memiliki pemahaman yang sama tentang Sekolah Ramah Anak, sehingga tidak ada lagi hal negatif atau perilaku yang tidak menyenangkan yang terjadi di sekolah.

“Kiat untuk kegiatan bisa sukses adalah kebersamaan, kerja keras, ikhlas. Dengan cara itu semua tantangan akan bisa kita selesaikan dalam rangka menuju kesuksesan bersama, sehingga bisa mengantar anak-anak kita sebagai generasi yang suskses dan hebat  yang mampu bersaing baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional,” katanya.

Pria yang sudah mengabdi sebagai guru lebih kurang 27 tahun ini pernah memimpin sejumlah kegiatan di sekolah. Kiprahnya, di antaranya menjadi wali kelas, pembina, Ketua Komunitas IPA Smp Kota Bima, instruktur nasional guru IPA untuk SMP,  Wakasek Sarpras dan Wakasek Kurikulum sebelum dilantik menjadi Kepala Smpn 2 Kota Bima.


“Pernah mendapatkan bimbingan dari kepala sekolah yang hebat yaitu sebanyak tujuh kepala sekolah. Dari pengalaman itu menjadi pembelajaran yang terbaik untuk mengadopsi  cara kepemimpinannya,” cerita mantan guru SMPN 1 Kota Bima ini.

Jufri mengaku, sejak dilantik menjadi Keplaa SMPN 2 Kota Bima, dirinya selalu mengajak semua guru dan staf TU mengutamakan pendekatan rasa, meningkatakn kepedulian melali moto Ingarso Sung Tulodo Ing Madyo Mangun Karso Tutwuri Handayani yaitu keteladan, motivator serta pendorong untuk meraih kesuksesan. [MR]