KKN Tematik Internasional UMM Kenalkan Letak Geografis Indonesia-Thailand via Zero Waste

Iklan

.

KKN Tematik Internasional UMM Kenalkan Letak Geografis Indonesia-Thailand via Zero Waste

Kamis, 27 Februari 2020
Foto Bersama Ardika Rizkian Nurrahmat dan 18 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang Melaksanakan KKN Tematik di Thailand.


Malang, Kiprah.Berita11.com— Ardika Rizkian Nurrahmat, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) asal Kota Bima bersama 19 mahasiswa lain yang melaksanakan KKN Tematik Internasional di Srithan Municipal School, Provinsi Khon Kaen, Thailand mengenalkan letak geografis Indonesia-Thailan melalui gerakan zero waste.

Ardika Rizkian Nurrahmat mengatakan, pada kegiatan KKN Tematik Internasional di Srithan Municipal School, mahasiswa UMM berupaya menyebarkan budaya Indonesia. Kegiatan itu mendapatkan respon yang positif.

Sebanyak 19 mahasiswa aktif UMM yang melaksanakan KKN Tematik Internasional di Thailand dibimbing oleh Muhammad Kamil, S.IP, M.A.

“Sekolah yang mendapatkan predikat sebagai sekolah zero waste ini mendukung penuh setiap program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. Salah satu program yang mendapatkan dukungan serta partisipasi penuh dari siswa,” kata Ardika, Kamis (27/2/2020).

Kegiatan Srithan Municipal School adalah program divisi pendidikan, membuat prakarya berbentuk peta geografis Indonesia dan Thailand dengan memanfaatkan media yang ramah lingkungan. Media  yang digunakan yaitu kertas sebagai alas untuk menempel dan daun kering sebagai bentuk kreasi peta geografis yang didapatkan dari lingkungan sekitar sekolah.



Dikatakan Ardika, melalui kegiatan pengenalan peta Indonesia, para murid diajak mengenal Indonesia sebagai negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, mengenal peta geografis negara mereka sendiri, Thailand. “Melalui gerakan zero waste yang  ada di sekolah tersebut, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan untuk mengajak para murid turut meminimaliasi penggunaan sampah plastik,” ujar Ardika.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN Tematik Internasional ini pun turut mendampingi murid Srithan Municipal School untuk membuat prakarya menggunakan daun yang sudah kering. Kemudian, daun-daun kering tersebut digunting menjadi bagian-bagian kecil, lalu ditempel ke media kertas yang sudah memiliki pola peta Indonesia dan Thailand.

“Sehingga melalui program kegiatan ini murid Srithan Municipal School dapat memiliki pengetahuan lebih mengenai peta negara Indonesia dan Thailand melalui kreativitas zero waste,” kata Ardika.

Ia menambahkan, KKN Tematik Internasional Universitas Muhammadiyah Malang berlangsung selama empat bulan di Srithan Municipal School, Provinsi Khon Kaen, Thailand. Kegiatan akan berakhir pada April 2020 mendatang. [B-12]