Musyawarah PDPM XII Kabupaten Bima Dihadari H Syafruddin dan IDP

Iklan

.

Musyawarah PDPM XII Kabupaten Bima Dihadari H Syafruddin dan IDP

Sabtu, 29 Februari 2020
Bupati Bima yang juga Bacabup Bima, Hj Indah Dhamanyanti Putri dan Bacabup H Syafruddin M Nur Menghadiri Pembukaan Musyawarah Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah XII Kabupaten Bima yang Berlangsung di Aula SKB Kabupaten Bima, Sabtu (29/2/2020). 


Bima, Kiprah.Berita11.com— Musyawarah Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) XII Kabupaten Bima yang berlangsung di SKB Kabupaten Bima, dihadiri dua tokoh yang juga bakal calon Bupati Bima, Drs H Syafruddin M Nur M.Pd dan Hj Indah Dhamayanti Putri, Sabtu (29/2/2020).

Musyawarah PDM XII Kabupaten Bima mengusung tema mengembirakan dakwah Islam memajukan Kabupaten Bima. Kegiatan diikuti lebih kurang 243 orang.

Kegiatan diawali pembacaan kalam illahi, kemudian dilanjutkan menyayikan lagu Indonesia Raya dan Mars Pemuda Muhammadiyah oleh Tim Perda Muhammadiyah Bima.

Dalam sambutannya, ketua panitia Muhamad Fuad, S.Pd.I  menyampaikan, dasar kegiatan yaitu surat keputusan Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhamadiyah tentang penyelenggaraan kegiatan di Kabupaten Bima.

Ia menyampaikan sumber dana pelaksanaan Musda tahun 2020 diberikan oleh seluruh masyarakat Muhammadiyah Bima,  sumbangan dari kader-kader  terbaik Muhammadiyah yang bekerja di Bawaslu dan KPU, serta sumbangan pribadi Hj Indah Damayanti Putri SE.
Dijelaskannya, pelaksanaan Musda Kabupaten Bima selama dua hari, 29- Februari hingga dengan 1 Maret 2020.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bima, H. Taufik, M.Pd mengatakan, pihaknya berharap semua peduli terhadap kondisi bangsa hari ini. Yaitu polemik yang tidak ada akhir,  problem yang belum selesai.

“Saya ingatkan dalam pandangan Muhammadiyah 10 tahun yang lalu, kami mengingat bangsa ini hati-hati. Suatu saat akan ada kemunculan suasana seperti hari ini,  karut-marut orang-orang yang merasa lebih pancasila tapi sesungguhnya sedang mengganggu bangsa ini untuk konsentrasi pada fokus pembangunan kita, energi dihabiskan untuk berpolemik,” katanya.

Dikatakannya, hari ini Muhammadiyah mempunyai andil besar membesarkan bangsa ini, karena tidak ada dalam pikiran Muhammadiyah untuk menghianati bangsa ini.  “Maka oleh karena itu, kepada semuanya aparat kita, baik polisi dan TNI jangan pernah berpikir bahwa Pemuda Muhammadiyah akan beraneh-aneh dengan bangsa ini,” tandasnya.

Dijelaskannya, Muhammadiyah di Kabupaten Bima, yang menghadirkannya Tuan Guru Abdul Hamid. Beliau sangat peduli terhadap keberlangsungan Islam di daerah ini. Keratonlah yang melahirkan Muhammadiyah di Bima. Muhammadiyah menjadi bagian dari Keraton itu. Hal itu adalah sejarah pada tahun 30, Muhammadiyah sudah mendirikan sekolah di Bima atas inisiatif Abdul Hamid, ulama yang dihadirkan.

“Demokrasi dan wacana keterbukaan elektrolit jangan jadikan alasan kalian untuk bertengkar,  berdebat tentang ide silakan. Tapi berkelahi di Musda jangan sampai terjadi.
Saya bangga di level Pemuda Kabupaten ada doktor, ada magister seluruhnya teruji secara akademis,” kata Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Bolo yang merupakan alumnus kampus Jogjakarta ini.

Dalam sambutannya, Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri menyampaikan, banyak hal yang dibahas terkait dengan Pemuda Muhammadiyah,  agar bbagaimana Pemuda Muhammadiyah menyatukan visi dan misi di dalam membesarkan Muhammadiyah. 

“Tentunya dari generasi muda Kabupaten Bima di Seluruh kecamatan dan desa, diharapkan agar bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah,” katanya.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengharapkan kepada kita semua bahwa Muhammadiyah sebagai organisasi besar sudah melahirkan tokoh tokoh dan ulama-ulama terkenal. Jadikanlah mereka semua sebagai inspirasi bagi generasi muda, karena ketokohan yang dimiliki dibarengi dengan ilmu serta pengalaman yang diterapkan selama ini,” lanjutnya.

Dikatakannya, tokoh dan ulama akan menjadi guru yang berharga bagi setiap generasi terutama pemuda dan pemudi yang diharapkan mendapatkan tongkat estafet kepemimpinan di negara dan daerah.

“Saya mengucapkan terima kasih kiprah Muhammadiyah di tengah tengah masyarakat khususnya, masyarakat Kabupaten Bima tentunya akan tetap terus berlanjut. Bahkan ditingkatkan, karena tentunya yang diutamakan oleh kita semua bukan hanya menciptakan suatu organisasi, tetapi bagaimana kiprahnya suatu organisasi hingga dirasakan oleh masyarakat banyak,” katanya.

Selain Besarkan NU, Bupati IDP Siap Besarkan Muhammadiyah

IDP mengungkapkan selaku Bupati Bima bersama Wakil Bupati Bima dan para pemangku kebijakan Pemerintah Kabupaten Bima  tetap mendukung sepenuhnya berbagai kegiatan yang akan membawa kebaikan bagi umat.




“Insya Allah kami siap bersama Muhammadiyah untuk membesarkan Muhammadiyah dan tentunya memberikan manfaat,” katanya.

Dirinya mengingatkan seluruh peserta yang hadir agar memanfaatkan kegiatan itu untuk menggali ilmu. Karena tentunya kegiatan seperti itu sering dilakukan dan merupakan agenda tahunan yang diharapkan dapat menghimpun kehadiran Pemuda Muhammadiyah di manapun.

“Saya yakin dan percaya kegiatan ini menjadi azan bagi kita semua untuk bersilaturahim di antara kita dan akan bernilai ibadah di hadapan Allah Subhanahu Wa Taala,” ujarnya.
Usai menyampaikan sambutan, Hj Indah Damayanti Putri membuka resmi Musda Pemuda Muhamadiyah Bima.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya selaku Bupati Bima membuka secara resmi kegiatan musyawarah Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bima,” katanya.  

Sementara itu, mantan Bupati Bima yang juga bakal calon Bupati Bima Pilkada 2020, Drs H Syafrudin, M.Nur M.Pd, mengatakan, dirinya selaku orang Muhamadiyah. “Saya seorang guru yang diamanatkan oleh masyarkat Bima dan pada tahun 2002 mengawali karir di DPRD 2002, selanjutnya menjadi Wakil Bupati dan menjadi Bupati Bima satu tahun delapan bulan,” katanya.

Pihaknya memohon maaf karena tidak dapat mengikuti kegiatan hingga selesai. “Semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan aman lancar dan kondisif,” harapnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang diwakili Ketua Bidang Hukum, HAM dan Advokasi Publik,  Dr Ridwan MH menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Muhammadiyah  Bima beserta pengurus Muhammadiyah yang telah menyelenggarkan kegiatan tersebut.

“Saya apresisasi atas kerja keras panitia dan Pemuda Muhammadiyah Wilayah Bima, semoga kegiatan ini berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Kegiatan pembukaan Musyarah Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah XII tingkat Kabupaten Bima berakhir sekira pukul 11.20 Wita.

Selain Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri, Bacabup  Drs H Syafrudin, HM. Noor, M.Pd, kegiatan juga dihadiri anggota DPRD Provinsi NTB, Ady Mahyudin, Pimpinan Daerah Muhamadiyah (PDM) Kabupaten Bima Drs H Taufik, M. Pd, Asisten III Setda Kabupaten Bima Drs H Arifudin,  Camat Bolo Mardiana SH,  Kapolsek Bolo IPTU Juanda, Danramil Bolo Kapten Inf. Ibrahim. [B-11]