Pantau Langsung Pelayanan di Desa Rabakodo, Dirjen Dukcapil Ingatkan tak Persulit Pelayanan

Iklan

.

Pantau Langsung Pelayanan di Desa Rabakodo, Dirjen Dukcapil Ingatkan tak Persulit Pelayanan

Senin, 17 Februari 2020
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof Zudan Arif Fakrulloh Bersama Kadis Dukcapil Kabupaten Bima, Salahuddin SH M.Si Foto Bersama Masyarakat yang Memantau Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Desa Rabakodo, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Minggu (16/2/2020). Foto CR-AD.


Bima, Kiprah.Berita11.com— Direktur Jenderal (Dirjend) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri, Prof. Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH memantau langsung pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Desa Rabakodo, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Minggu (16/2/2020).

Zudan mengingatkan pelayanan kepada masyarakat tidak dipersulit. Pengamatannya secara langsung di lapangan di Desa Rabakodo, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima untuk memastikan pelayananan Dukcapil kepada masyarakat yang memerluk KTP elektronik (E-KTP), kartu keluarga maupun akta kelahiran.

Menurut pria asli Sleman Yogyakarta ini, kegiatan pelayanan setiap desa yagn dilaksanakan petugas Dukcapil adalah program nasional untuk mencega pungutan liar (Pungli). Selain itu, Masyarakat desa bisa melihat secara langgsung bentuk pelayanan Dukcapil.

Berkaitan masalah blangko E-KTP pada November dan Desember 2019 lalu, ia memastikan seluruh kota dan kabupaten di Indonesia sudah tidak ada masalah. karena pada Januari 2020 ada penambahan 16 juta blanko E-KTP. Adapun khusus Kabupaten Bima mendapatkan alokasi 11 ribu blanko E-KTP.

“Maka dari itu, sekarang tidak ada lagi yang namanya tidak ada blangko,” katanya.



Berkaitan akte kelahiran, masyarakat bisa mendapatkan dokumen itu tanpa perlu surat pengantar dari pemerintah desa. Namun cukup meminta surat keterangan kelahiran dari ruma sakit atau Puskesmas tempat pelayanan kelahiran. “Pengurusan semuanya itu gratis, karena sudah ditanggung oleh APBN dan APBD. Masyarakat tidak perlu lagi kuatir,” katanya.

Kehadiran Dirjen Dukcapil Kemendagri Republik Indonesia di Desa Rabakodo disambut baik masyarakat setempat,  terutama Kades, Drs Jumardani dan turut mendampingi Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima, Salahuddin SH M.Si. Kegiatan pelayanan E-KTP dan KK serta akta kelahiran dilaksanakan pukul 8.00-15.30 Wita. [CR-AD]