Siap Laksanakan Sedekah Sampah, Civitas Akademika STKIP Tamsis Bersih Area Kampus

Iklan

.

Siap Laksanakan Sedekah Sampah, Civitas Akademika STKIP Tamsis Bersih Area Kampus

Rabu, 26 Februari 2020
Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun Menyampaikan Breafing kepada Civitas Akademika setempat Sebelum Kegiatan Bersih Pilah Sampah di Area Kampus Setempat, Rabu (26/2/2020) Pagi.


Bima, Berita11.com— Beberapa pekan pasca Ujian Akhir Semester (UAS) kegiatn perkuliahan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima, libur. Pekan terakhir menuju semester genap, Civitas Akademika setempat menggelar bersih pilah sampah.

Program berlatar belakang sadar lingkungan itu dipimpin langsung oleh Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si.

Ketika apel persiapan, Dr Ibnu Khaldun menyampaikan pengantar kegiatan. Pihaknya menganggap kondisi curah hujan yang relatif tinggi beberapa waktu terakhir merupakan tantangan yang harus dihadapi.

“Kita di tahun ini mendapatkan ujian berupa intensitas hujan yang cukup tinggi dalam waktu yang cukup panjang. Hal tersebut menyebabkan beberapa titik pada area kampus kita, terendam. Itulah yang melatarbelakangi kegiatan kita pada hari ini,” katanya saat memimpin apel persiapan kegiatan di kampus induk STKIP Tamsis Bima, Rabu (26/2/2020).

Menurut Ibnu, peningkatan kesadaran lingkungan sebagai salah satu program prioritas yang tengah dikembangkan kampus setempat. Bahkan, pihaknya telah banyak menyebarkan kelompok dari kampus setempat mendorong kesadaran lingkungan.

“Kita memang sedang serius untuk ikut menyelesaikan permasalah lingkungan ini. Misalnya, saat program KKN (Kuliah Kerja Nyata), banyak kelompok, bahkan bisa dikatakan hampir semuanya telah menjalankan program tersebut setiap desa atau posko,” katanya.

Untuk memastikan kebersihan area lingkungan, pihaknya membagi kelompok kerja sesuai jatah organisasi tata kelola  (OTK) dan organisasi mahasiswa (Ormawa). Setiap area kampus disisir untuk dibersihkan. Setiap jenis sampah kemudian dipilah.

“Kami berharap, kegiatan bersih bersih ini dilaksanakan dengan membentuk tim sesuai OTK. Untuk mahasiswa (Ormawa, red) silakan mengambil ruang di area sekretariat masing-masing. Kita pastikan, sebelum zuhur semua sudah selesai,” kata Ibnu.

Ibnu mengisyaratkan, pihaknya akan membentuk tim yang akan melaksanakan program sedekah sampah untuk masjid. Selain itu, membuat bank sampah di lingkungan kampus. Kampus setempat juga berwacana menerapkan pengadaan beasiswa berbasis sampah.
“Kita nanti akan berdiskusi dengan We Save Creative untuk menjalankan program tersebut. Bahkan, kita akan agendakan untuk mempresentasikan program ini ke Gubernur NTB,” kata Ibnu.

Puluhan Civitas Akademika STKIP Tamsis Bima mengikuti kegiatan bersih pilah sampah. Sejumlah area yang sempat terendam banjir dipel dan dikeruk. Sampah dipisah menjadi dua, yakni jenis organik dan plastik. Sampah plastik disimpan untuk dipilah. Selanjutnya, sampah yang dikumpulkan akan digunakan untuk program sedekah sampah. [B-11/*]