Terminal Mandalika Disemprot Disinfektan untuk Mengantisipasi Virus Corona

Iklan

.

Terminal Mandalika Disemprot Disinfektan untuk Mengantisipasi Virus Corona

Sabtu, 21 Maret 2020
Penyemprotan Disinfektan di Terminal Mandalika oleh Petugas Kesehatan untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona, Sabtu (21/3/2020).


Mataram, Berita11.com  Tidak hanya Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), kawasan tiga Gili, pelabuhan bangsal dan Islamic Centre, Terminal Mandalika Bartais juga disemprot desinfektan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 melalui pintu keluar masuk penumpang moda transportasi darat, Sabtu (21/3/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr Nurhandini Eka Dewi, yang memimpin langsung kegiatan penyemprotan disinfeksi menjelaskan, pihak terminal dan pegawai Dishub akan diajarkan cara menyemprot disinfektan. Harapannya, dua pekan ke depan pihak terminal dan Dishub sudah bisa melakukan penyemprotan disinfektan sendiri.

“Dua minggu lagi sebelum kami melakukan semprot disinfektan, mereka sudah bisa melakukan penyemprotan disinfektan sendiri,” kata Dr Eka.

Selain itu, ia juga akan memantau lalu lintas orang yang keluar masuk daerah. Bus-bus juga akan diajarkan cara melakukan disinfeksi, sehingga upaya ini tidak hanya efektif membersihkan pintu masuk sarana transportasi, tetapi juga dapat mengedukasi penumpang dan petugas tentang pencegahan virus Corona.

“Kami juga mengecek bus-bus yang belum memiliki hand sanitizer, kemudian akan kami suruh untuk menyediakan hand sanitizer di pintu mobilnya,” terangnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa dirinya bersama Kepala Dishub dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) sudah melakukan rapat saat proses penyemprotan berlangsung. Dalam rapat tersebut  disepakati bahwa setiap penumpang yang datang harus dicek.
Kalau ditemukan ada yang panas segera dirujuk ke Puskemas terdekat yaitu di Puskesmas Cakranegara.
Areal dalam Terminal Mandalika juga Disemprot Disinfektan.

Menyambut baik upaya itu, Kepala BPTD Wilayah 12 Bali dan NTB, Zul Mardi, mengatakan, bahwa ini adalah upaya yang sangat baik sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus Corona. Karena terminal merupakan salah satu simpul interaksi perpindahan orang antarwilayah, khususnya dari provinsi lain.

“Saya rasa ini adalah upaya yang luar biasa dalam pencegahan berkembangnya virus Corona di Terminal Mandalika,” ujar Zul sapaannya.

Zul berterimakasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi NTB karena sudah memberikan penyuluhan tentang cara-cara membersihkan lingkungan supaya tidak gampang terjangkit virus Corona.

Ia juga mengapresiasi siasat Pemerintah Provnisn NTB yang melibatkan pihak terminal untuk andil mengatasi penyebaran virus Corona.

“Selain nilai edukasinya ada, kami juga merasa senang bisa dilibatkan dalam upaya pencegahan virus Corona ini," ungkap Zul. [B-24/*]