UPT Perpustakaan UMMAT Siapkan Informasi Digital Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid-19

Iklan

.

UPT Perpustakaan UMMAT Siapkan Informasi Digital Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 07 Mei 2020
Kepala UPT Perpustakaan UMMAT, Iskandar, S.Sos.,MA. 

Mataram, Berita11.com— Dalam mendukung proses belajar dalam jaringan (daring) di tengah wabah covid-19, UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menyediakan sumber informasi yang representative bagi mahasiswa dan dosen di lingkungan UMMAT.

Informasi digital berbasis online ini dapat diakses secara online, baik melalui aplikasi perpustakaan digital yang dapat didownload di playstore (UPT Perpustakaan UMMAT) maupun website perpustakaan UMMAT (lib.ummat.ac.id).

Perpustakaan digital dan website tersebut sudah otomatis ter-link dengan seluruh perpustakaan perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia, serta perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan umum yang bernaung di bawah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Adapun sumber informasi yang dapat diakses yaitu berupa e-book, jurnal, skripsi, dan sumber informasi ilmiah lainnya.

Langkah ini sebagai bentuk kesiapan dan antisipasi UPT Perpustakaan UMMAT dalam menghadapi keterbatasan sumber informasi mahasiswa dan dosen selama masa pendemi Covid-19.

Layanan informasi UPT Perpustakaan UMMAT selama masa pendemi keseluruhan berbasis online. Hal ini dalam rangka mendukung proses physical dictancing yang digalakkan oleh pemerintah baik di tingkat daerah maupun nasional.

Kepala Perpustakaan UMMAT, Iskandar, S.Sos., MA, berharap kondisi Covid-19 ini cepat pulih kembali, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan normal seperti semula.

Ia juga berharap dengan tersedianya sumber informasi online ini, dapat dimaksimalkan oleh mahasiswa dan dosen untuk mendukung proses pembelajaran daring di masa Covid-19.

“Di samping menyiadakan sumber informasi berbasis online, UPT Perpustakaan UMMAT juga menyediakan layanan konsultasi online bagi mahasiswa dan dosen yang kesulitan mengakses informasi digital. hal itu dapat dilakukan baik melalui sosial media, email, ataupun, whatsapp resmi Perpustakaan UMMAT,” ujarnya, Kamis (7/5/2020). [B-19]