Shalsabila Lestari Putri Suteja, Puteri Indonesia NTB 2020

Iklan

.

Shalsabila Lestari Putri Suteja, Puteri Indonesia NTB 2020

Minggu, 08 Desember 2019
Ketua TP PKK NTB/ Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj Niken Menyerahkan Piala dan Piagam kepada Puteri Indonesia NTB.

Mataram, Kiprah.Berita11.com— Setelah melalu proses dan karantina yang panjang, Shalsabila Lestari Putri Suteja dari Lombok Timur, terpilih sebagai Putri Indonesia yang akan mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada ajang pemilihan Putri Indonesia tahun 2020, sedangkan Runner up 1 diraih oleh Ni Kadek Selvia Sastradewi dari Kabupaten Sumbawa dan Runner up 2 diraih Dinda Putri Alfitriyani dari KotaMataram.

Wanita muda yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas,  kelahiran Lombok Timur berhasil mengungguli 20 finalis Putri Indonesia NTB lainnya.  Melalui beberapa tahapan dan proses penjurian hingga dinobatkan sebagai Putri Indonesia NTB pada Grand Final Puteri NTB 2020, di Hotel Lombok Raya Kota Mataram, Jumat (6/12/2019).

Perwakilan dari Yayasan Puteri Indonesia (YPI) dan juga merupakan salah satu dewan juri Wisnu Wardana, sejak awal telah menekankan kepada Panitia, agar dalam pencarian Putri NTB ini, diprioritaskan wanita asli daerah di NTB.

Menurut Wisnu, Putri Indonesia yang akan mewakili NTB merupakan milik masyarakat NTB, yang memiliki pengetahuan tentang potensi dan kekayaan alam serta budaya NTB, sehingga dapat bercerita kepada daerah lain. Bahkan kepada dunia internasional betapa hebatnya NTB.

Wisnu juga menegaskan bahwa menjadi Putri Indonesia itu, harus memiliki tiga kriteria, yaitu 3B (brain, beauty, dan behaviour). Kriteria  brain (cerdas) atau pintar dapat dilihat dari intelektual, sisi pengetahuan dan ilmunya. “Kalau dia berbicara enak didengar,” kata Wisnu.
Kemudian lanjutnya, kriteria berikutnya  beauty (cantik), ia dapat merawat dirinya dan juga dapat dimakanai kecantikan dari dalam diri dan di luar. “Ini makna Beauty,” ucapnya.

Selanjutnya, kriteria yang terakhir adalah behaviour, harus bertakwa dan beretika serta peduli dengan lingkungan. Behaviour harus punya takwa, etika dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

“Itu cara untuk bisa eksistensi sebagai perempuan Indonesia. Kalau tidak memiliki sopan santun dan etika YPI dapat mencopotnya sebagai Indonesia,” tutur Wisnu.

Ia juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan ajang penobatan Putri Indonesia sudah 22 kali dilaksanakan. Pada 6 Maret tahun 2020 mendatang merupakan kali ke-23 diselenggarakan oleh YPI.

“Kita cukup konsisten menggelar Pemilihan Putri Indonesia ini,” ucap pria kelahiran Jakarta ini.

Di akhir sambutannya, ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTB dan masyarakat NTB yang telah mendukung kegiatan ini. “Terima kasih kepada Pemda NTB telah mendukung acara ini,” tutup anggota YPI ini.

Sementara itu, wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd berpesan kepada Putri Indonesia NTB, untuk ikut serta membangun NTB. Apalagi saat ini NTB ditetapkan sebagai daerah pariwisata super prioritas. Maka, peran Putri Indonesia mengenalkan tentang NTB ke depan.

Selain itu, Wagub juga menyinggung tetang kriteria yang harus dimiliki oleh Putri Indonesia yaitu memiliki kecerdasan (brain), kecantikan dan  etika serta iman. “Ini kriteria yang ada sebagai putri yang sempurna,” tegas Ummi Rohmi.


20 peserta finalis Puteri Indonesia NTB berjalan di atas catwalk dengan mengenalkan diri kepada penonton, yang disambut riuh dengan dukungan masing-masing peserta. Kemudian dewan juri memilih dan menyaring ke 20 finalis ini menjadi 10 besar dengan busana kebaya rancangan designer kondang Anne Avantie.

Untuk masuk lima besar, sepuluh finalis harus menjawab pertanyaan dengan cepat dan singkat. Para finalis memilih pertanyaan yang telah disediakan dan dibacakan langsung oleh pemandu acara, finalis pun  harus menjawab pertanyaan.

Proses yang sama terus berlangsung hingga babak penyisihan lima besar, kelima finalis melewati tahap tanya jawab, sehingga memasuki tiga besar finalis Puteri Indonesia NTB 2020.

Berikut finalis yang masuk lima besar, antara lain Dinda Putri Alfitriyani,  Sheilla Intan Permatasari,  Putu Dewi Cahyani, Shalsabila Lestari Putri Suteja dan Ni Kadek Selvia Sastradewi. Pada acara tersebut dinobatkan juga Puteri budi pekerti,  puteri intelejensi, puteri persahabatan, puteri favorit.


Grand Final Puteri NTB 2020 dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus  Ketua Dekranasda kabupaten/kota se-NTB, kepala Dinas Kominfotik NTB, Kadis Pariwisata, undangan dari OPD lingkup Pemrov NTB serta para pengusaha, para budayawan, seniman, milenial dan pelaku UMKM. Kegiatan  diisi penampilan memukau dari Regina Ivanova, juara pertama Indonesian Idol 2012.  [EM]