STKIP Tamsis Bima Gerak Cepat Respon Pembentukam Forum LPTK se-NTB

Iklan

.

STKIP Tamsis Bima Gerak Cepat Respon Pembentukam Forum LPTK se-NTB

Selasa, 18 Februari 2020
Ketua STKIP Taman Siswa Bima Bersama Sejumlah Peneliti.

Bima, Kiprah. Berita11.com— Ketua STKIP Taman Siswa Bima sekaligus Wakil Ketua III Bidang Pengabdian kepada Masyarakat Forum Dosen LPTK se-NTB, Dr Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si mengambil langkah cepat merespon pembentukan forum.
 
Pembentukan Forum yang difasilitasi oleh INOVASI dan FKIP UNRAM ini setidaknya memberikan harapan baru terhadap peningkatan kualitas pendidikan khususnya pendidikan dasar di NTB.

Sebagai salah satu LPTK yang konsisten dalam peningkatan mutu pendidikan daerah, STKIP Tamsis Bima langsung merespon cepat yaitu dengan membangun jejaring dengan instansi terkait baik pemerintah maupun swasta.

“Salah satu jejaring yang sudah dibangun oleh STKIP Taman Siswa Bima adalah bermitra dengan INOVASI Kabupaten Bima. Mitra ini sengaja dilaksanakan karena memiliki kesamaan tujuan yaitu menghasilkan tenaga pendidik pada pendidikan dasar yang profesional,” kata anggota LPPM STKIP Taman Siswa Bima, Arif Hidayat M.Pd melalui gawai canggih, Senin (17/2/2020).

“Perbaikan metode dan strategi pembelajaran untuk SD menjadi hal yang paling ditekankan karena dengan melihat peringkat literasi NTB yang masih jauh dari kata memuaskan,” lanjutnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si selaku ketua bersama Tim INOVASI Kabupaten Bima bersepakat untuk mengadakan diskusi guna membahas keberlanjutan masa depan pendidikan dasar di Kabupaten Bima.

Dalam kegiatan tersebut, tentunya INOVASI dan STKIP Taman Siswa Bima sangat berharap adanya kehadiran pihak pemerintah daerah. Misalnya, Dinas Dikbudpora sebagai pembuat kebijakan tertinggi di daerah. Sinergitas program dan tujuan antara LPTK, pemerintah dan swasta sangat menunjang majunya pendidikan dasar di NTB.

“Melalui PGSD, STKIP taman siswa Bima terus melakukan perubahan dan pengembangan di bidang pendidikan dasar. Banyak hal yang telah dilakukan melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi oleh dosen-dosennya, di antaranya: kampung literasi, pembelajaran media youtube, video pembelajaran inklusif. Hal tersebut yang mendasari INOVASI Kabupaten Bima menjadikan STKIP Taman siswa Bima sebagai mitra dalam rangka melanjutkan program literasi di kabupaten Bima,” tutup Arif Hidayad. [RD]