Ternyata Banyak Warga Koleksi Senpi Rakitan, Polres Bima Kembali Terima Penyerahan

Iklan

.

Ternyata Banyak Warga Koleksi Senpi Rakitan, Polres Bima Kembali Terima Penyerahan

Sabtu, 29 Februari 2020
Kades Ncera Idris SH Menyerahkan Senpi Rakitan yang Ditemukan dari Rumah Salah Satu Warga Setempat kepada Bhabikamtibmas Ncera, Brigadir Adhar.


Bima, Berita11.com— Jumlah warga Bima yang mengoleksi senjata api rakitan (Senpi) ternyata banyak, walaupun pada aspek hukum diatur dengan jelas melalui undang-undang darurat. Setelah penyerahan dua Senpi pekan lalu, Polres Bima kembali menerima penyerahan Senpi rakita  dari warga, Sabtu (29/2/2020).

Senpi yang diserahkan secara sukarela merupakan milik warga Ncera Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Abdul Rahis. Senpi tersebut kemudian diserahkan Kades Ncera Idris SH kepada Bhabinkamtibmas desa setempat, Brigadir Adhar.

Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo S.I.K melalui Kasubbag Humas AKP Hanafi menjelaskan, Senpi rakitan tersebut ditemukan Kades Ncera bersama beberapa warga setempat pada rumah Abdul Rahis , salah satu warga Desa Ncera.

Dikatakan AKP Hanafi, sebelumnya, Kades Ncera memperoleh informasi dari warga. setelah itu, Kades mengajak beberapa warga untuk mengecek kebenaran informasi dan setelah pengecekan di rumah Abdul Rahis yang saat itu  tidak berada di rumahnya.

“Rumah dalam keadaan kosong, termasuk keluarganya (tidak ada) dan ditemukan  sepucuk Senpi rakitan. Selanjutnya Kades Ncera menghubungi Babinkamtibmas untuk menyerahkan Senpi rakitan temuan tersebut,” jelas AKP Hanafi.

Kapolres Bima selalu mengimbau dan mengajak warga Bima yang masih memegang atau menyimpan Senpi rakitan maupun organik agar segera menyerahkan kepada pihak kepolisian terdekat atau pemerintah desa setempat.

“Bila masyarakat atas kesadarannya menyerahkan Senpi rakitannya, maka kami tidak akan melakukan proses secara hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951,” katanya.

Sebelumnya Polres Bima telah menerima penyerahan Senpi rakitan dengan sukarela dari warga sebanyak dua pucuk yakni pada Sabtu, (22/2/2020) dari warga Desa Tolotangga Kecamatan Monta berupa Senpi rakitan laras panjang dan sebilah pedang, kemudian disusul pada Senin (24/02/2020) dari warga Desa Kalampa Kecamatan Woha  Senpi rakitan laras pendek. [B-11]