Bareng Puskesmas dan Bhabinkamtibmas, Danramil Donggo Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Iklan

.

Bareng Puskesmas dan Bhabinkamtibmas, Danramil Donggo Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Sabtu, 21 Maret 2020
Danramil Donggo, Kapten Inf. Seninot S Bersinergi dengan Anggota Polsek Donggo dan Petugas Kesehatan dari Puskesmas Donggo Menyampaikan 13 Poin Imbuanan Berkaitan Upaya Pencegahan Covid-19 di Desa Doridungga, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Sabtu (21/3/2020).


Bima, Berita11.com— Bersama petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Bhayangkara Pembina Keamanan, dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Komandan Koramil Donggo, Kapten Inf. Seninot Sribakti melaksanakan sosialisasi upaya pencegahan Covid-19 kepada warga Desa Bajo, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, yang dimulai sekira pukul 09.30 Wita, Sabtu (21/3/2020).

Kegiatan sosialisasi menggunakan ambulan Puskesmas Soromandi dan dikawal mobil patroli Polsubsektor Soromandi. Kegiatan sosialisasi di Desa Bajo juga dibantu Bhabinkamtibmas setempat, Briptu Trisno, tiga anggota Koramil Donggo serta Babinsa Bajo, Serma Sabdin.  

Pada kegiatan sosialisasi keliling, Danramil Donggo dan petugas Puskesmas Soromandi menyampaikan 13 poin imbauan yaitu meminta masyarakat untuk memperbanyak istighfar dan menjaga wudhu serta berdoa, mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih,  berolahraga ringan di bawah sinar matahari, memperbanyak minum air putih minimal delapan gelas per hari, di antaranya dengan berkumur-kumur menggunakan air hangat diberi garam agar virus tidak masuk ke paru-paru, mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Selain itu, selalu menggunakan masker dan jika mengalami batuk pilek atau bepergian. Imbauan lainnya  mengajak masyarakat sementara waktu menjauhi tempat keramaian seperti pusat belanja, mall, tempat wisata dan lainnya. Kemudian, mengajak masyarakat untuk sementara waktu hingga wabah reda agar menghindari berjabat tangan dan cium pipi kiri dan pipi kanan.

Imbauan lainnya, orang tua diharapkan selalu mendampingi putra-putrinya belajar mengajar d irumah.  Untuk sementara waktu menunda kegiatan di luar seperti bepergian,  selalu menjaga kebersihan diri, kebersihan rumah dan kebersihan lingkungan serta sekitarnya. Di antaranya membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

“Kepada wargan yang punya kandang ternak hendaknya menjaga kebersihan agar tidak menimbulkan bau dan gangguan lainnya,” imbuan Danramil.

Poin terakhir imbauan, apabila ditemukan warga dengan gejala menyerupai penyakit gangguan pernafasan bagian atas seperti demam, batuk, sakit kepala dan sakit tenggorokan dengan riwayat kontak dari luar daerah atau luar negeri agar dilaporkan secepatnya.

“Terlebih dahulu berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk dapat ditindaklanjuti oleh petugas kesehatan diberbagai tingkatan,” imbaunya.

Selanjutnya Danramil Donggo bersama Babinsa, Babhinkamtibmas serta pegawai Puskesmas Soromandi mendatangi warga yang duduk di pinggir jalan, menyampaikan pemahaman tentang Covid-19.

Danramil Donggo, Kapten Inf. Seninot S. Mendatangi Warga di Desa Bajo Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima yang Sedang Nongkrong untuk Menyampaikan Imbauan Berkaitan Antisipasi Virus Corona.

Sekira pukul 10.30 Wita, kegiatan sosialisasi Covid-19 di wilayah Soromandi selesai dengan aman dan tertib. Kegiatan kemudian dilanjutkan di Desa Doridungga Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima sekira pukull 11.30 Wita.

Danramil Donggo Kapten Inf Seninot S melaksanakan sosialisasi bersama Babinsa Doridungga Sertu Arifin, tiga anggota Polsek Donggo di antaranya Aipda Adit,Kades Doridungga Kecamatan Donggo dan dibantu warga Desa Doridungga.

Sama seperti pada kegiatan sosialisasi di Desa Bajo Kecamatan Soromandi, Danramil Donggo dan petugas Puskesmas Donggo menggunakan mobil patroli Polsek Donggo, menyampaikan 13 poin imbauan upaya antisipasi dan pencegahan Covid-19. [B-11]