Bantuan Rp2,345 Miliar Telah Disalurkan dengan Amanah, Dirjen Linjamsos Puji Bupati Bima

Iklan

.

Bantuan Rp2,345 Miliar Telah Disalurkan dengan Amanah, Dirjen Linjamsos Puji Bupati Bima

Selasa, 14 April 2020
Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri Menyerahkan Bantuan dari Kementerian Sosial kepada Korban Kebakaran di Kabupaten Bima, Senin (14/4/2020).

Bima, Berita11.com— Dirjen Linjamsos Kementerian Sosial Republik Indonesia, Pepen Nasarudin, M.Si, memuji penyerahan bantuan stimulan dari Kementerian Sosial oleh Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE, dilakukan penuh amanah dan transparan. Total bantuan stimulus yang diserahkan Rp2,345 miliar

“Saya percaya bantuan itu dilaksanakan dengan penuh amanah oleh Pemerintah Kabupaten Bima,”’ujar Dirjen dalam sambutannya, usai menyaksikan secara langsung penyerahan bantuan oleh Bupati Bima, melalui Video Conference, dikutip Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Bima, M Chandra Kusuma, Ap, di Aula Kantor Bupati Bima, Senin, (13/4/ 2020).

Dijelaskan Chandra, bantuan yang diberikan itu, berkat kekompakan program pusat dengan daerah. Dirjen meminta, masyarakat Kabupaten Bima, tetap melakukan kesiapsiagaan, sebelum dan setelah bencana.

“Apalagi saat ini negara sedang menghadapi pandemi, tentu membutuhkan kekompakan pusat dan daerah untuk melawannya,” ujar Chandra.

Pada kesempatan itu, Dirjen Linjamsos mengajak masyarakat Bima bersama-sama melawan Pandemi Covid 19. Menurut Pepen, kita butuh kekompakan untuk bisa keluar dari pandemi. “Terima kasih masyarakat Kabupaten Bima, sudah ikut membantu mensosialisasikan Protap Gugus Tugas melawan Covid-19 dengan baik,” ucapnya.

Kabag Prokomp Setda Kabupaten Bima menjelaskan, bantuan stimulan dari Kementerian Sosial RI itu diserahkan langsung Bupati Hj Indah Dhamayanti Putri kepada 92 korban bencana kebakaran rumah. Total bantuan Rp2,345 miliar.

Bantuan rupiah itu, hasil lobi Pemkab Bima dan paling besar dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir dan disalurkan untuk 37 KK di Desa Renda, 10 KK di Desa Ngali Kecamatan Belo. Kemudian, 14 KK bagi warga di Desa Naru Kecamatan Woha dan 31 KK bagi warga di Desa Karampi, Kecamatan Langgudu. Para penerima manfaat tersebut hadir didampingi camat masing-masing wilayah.

Chandra menjelaskan, bagi warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat mendapat bantuan Rp25 juta per KK beserta isi rumah Rp3 juta. Korban musibah rusak sedang mendapat Rp10 juta untuk isi rumah. Kemudian rusak ringan mendapat Rp 5 juta dan uang isi rumah Rp3 juta.

“Mereka juga mendapatkan jaminan hidup selama tiga bulan dengan nilai per bulannya Rp300 ribu, sehingga total anggaran Rp2,345 miliar,” ujar Chandra.

Bantuan itu, langsung masuk ke rekening masing-masing penerima bantuan. Chandra mengatakan, Bupati Bima menyampaikan salam hormat dari Mensos untuk keluarga pemerima manfaat. Ia meminta warga memastikan bantuan yang masuk ke rekening jumlahnya sesuai dengan SK yang telah ditetapkan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bima menyampaikan terima kasih telah membantu masyarakat Bima yang tertimpa musibah kebakaran,” ungkap Chandra mengutip Bupati Umi Dinda.

Bantuan itu diberikan Kementerian Sosial RI atas laporan Dinas Sosial Kabupaten Bima. Bupati mengakui semua tidak menghendaki adanya musibah. Namun sebagai umat yang beragama itu semua bentuk ujian dan cobaan. [B-19]