Kapolres Bima Kota Ingatkan Pentingnya Peran Bersama untuk Tanggulangi Covid-19

Iklan

.

Kapolres Bima Kota Ingatkan Pentingnya Peran Bersama untuk Tanggulangi Covid-19

Selasa, 24 Maret 2020
Kapolres Bima Kota Bersama Anggota Posko Penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Bima


Bima, Berita11.com— Kapolres Bima Kota AKBP  Haryo Tejo Wicaksono SIK SH mengingatkan upaya mencegah penyebaran virus Corona memerlukan peran bersama berbagai pihak dan kepatuhan masyarakat. Di antaranya peran serta koordinasi Puskesmas dalam upaya sosialisasi antisipasi virus Corona dan penyampaikan laporan data perkembangan indikasi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Bima Kota saat  rapat dan sosialisasi penanggulangan Covid-19 di wilayah Kota Bima yang berlangsung di Puskesmas Paruga di Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Selasa (24/3/2020).

Kapolres Bima Kota mencotohkan, saat ini Kecamatan Sape Kabupaten Bima terdapat warga yang sedang dirawat Puskesmas Sape, dengan ciri demam dua hari. Warga itu masih dirawat di Puskesmas Sape.

“Atas kejadian tersebut kami perintahkan Kapolsek untuk (pasien) dirujuk guna dapat perawatan yang lebih baik di RSUD,” ujar AKBP Haryo Tejo Wicaksono.

Pihaknya berharap, Puskesmas bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, jika ada warga dengan terindikasi terpapar Covid-19 sebagaimana protokol kesehatan. 

“Juga perlu peran serta Puskesmas untuk sosialisasi antisipasi Corona. Kepolisian saat sekarang sangat intens melakukan sosialisasi untuk pencegahan Corona melalui penyuluhan setiap kelurahan,” ujarnya.

Pihaknya berharap Puskesmas membuat Protap penanganan warga yang mengarah ke  Corona. Perlu pendataan peralatan dan stok  serta antisipasi penyebaran virus Corona melalui kegiatan penyemprotan disinfektan.

“Sesuai dengan Maklumat Presiden, Kapolri dan pemerintah daerah, perlu ditetapkan antisipasi masyarakat yang berkumpul seperti di tempat wisata Pantai Lawata. Antisipasi juga perlu dilakukan di pasar, namun tidak dapat dilakukan pembubaran karena akan berdampak protes masyarakat,” ujarnya.

Suasana Rapat Penanggulangan Virus Corona di Puskesmas Paruga Kota Bima, Selasa (24/3/2020).

Dikatakannya,  pengawasan akan dilakukan TNI-Polri serta Pol PP Kota Bima. pihak kepolisian sudah menyebarkan imbauan tentang maklumat kepada masyarakat. Untuk itu, Pemkot Bima juga diharapkan berperan menyampaikan imbauan serupa melalui selebaran. 

“Mulai dari kemarin tempat hiburan sudah dilakukan penertiban oleh kepolisian dan Pol PP,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Paruga menekankan perlu adanya nomor siaga yang disiapkan di Puskesmas, sehingga dapat dihubungi masyarakat jika ada kejadian penting berkaitan Corona.

“Pemkot telah melakukan pengumuman di masyarakat yang disampaikan melalui masjid- masjid dengan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar masyarakat dapat memahami bahaya virus Corona,” ujar Kepala Puskesmas Paruga.

Disampaikan juga, stok masker di Puskesmas  sangat minim dan diperkirakan stok itu  beberapa hari sudah kosong. Untuk itu, diharapkan menjadi atensi Pemkot Bima. “Agar peran serta petugas kesehatan dengan mengambil inisiatif melakukan penyemprotan di sekitar areal kerja,” katanya.

Disampaikan, pengawasan juga perlu dilakukan terhadap warga Bima yang pulang dari luar negeri, khususnya BMI dari Malaysia maupun negara lain. Karena tidak menutup kemungkinan BMI yang baru datang, terpapar virus Corona.

Kegiatan sosialisasi penanggulangan virus corona berakhir sekira pukul 12.00 Wita. Selain Kapolres Bima Kota, kegiatan juga dihadiri  Dandim 1608/ Bima Letkol Inf Mustofa Kamal,  Asisten III Setda Kota Bima Drs H Sukri, Kepala Dishub Kota Bima, Ir H  Zulkifli M.Ap, Kepala BPBD Kota Bima Ir H Syarafudin MM, Direktur RSUD Kota Bima H M. Nasir,  Staf Ahli Wali Kota Bima, Drs H Supratman M.Ap, Kepala Dikes Kota Bima, Drs H Azhari M.Si, Lurah Dara Nurkomala, dan Kepala Puskesmas se-Kota Bima. [B-12]