Webinar Kedua STKIP Tamsis, Pembicara Alumnus Taiwan dan UA Inggris

Iklan

.

Webinar Kedua STKIP Tamsis, Pembicara Alumnus Taiwan dan UA Inggris

Senin, 27 April 2020
Kegiatan Webinar yang Digelar STKIP Taman Siswa Bima. Kegiatan Menghadirikan Alumnus Kampus Luar Negeri.

Bima, Berita11.com— Setelah sukses menggelar webinar pertama pada 22 April 2020 lalu, Kantor Urusan Internasional (KUI) STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima kembali menggelar kegiatan yang sama. Pembicara Webinar kedua alumnus pascasarjana National Chung Cheng University Taiwan dan Universitas Adelaide Inggris.

Webinar kedua digelar 25 April 2020 diikuti puluhan mahasiswa dan dosen.

Kepala KUI STKIP Tamsis Bima, Ramli, M.Pd menjelaskan, Webinar kedua membahas Public Speaking Skill for Personality and Leadership Development. Tema yang diangkat adalah Developing Confidence through Public Speaking. Kegiatan yang mengotimalkan jaringan pada masa pandemi Covid-19 tersebut diikuti mahasiswa dan dosen dari NTB dan Sulawesi.


“Dua pembicara kali ini adalah alumnus Universitas Adelaide (Inggris) yaitu Andi Miftahul Maulidil Mursyid dan dari National Chung Cheng University (Taiwan), yaitu Mutia Mutmainnah Darmuh yang sedang berada di negeri Taiwan. Kami langsung menghubungi Mutia Mutmaiinah Darmuh yang kini sedang berada di Taiwan. Oh ya, Andi Miftahul Maulidil Mursyid dulu pernah menjadi Presiden Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia the University of Adelaide periode 2018-2019,” ujar Ramli.

Meski awalnya hanya diperuntukkan pada mahasiswa, namun tidak sedikit juga kalangan dosen yang turut mengikuti seminar online. Tingginya respon dari peserta ini dinilai Ramli karena materi yang dibagikan sangat bagus. Hal itu berguna jika ingin melanjutkan kuliah keluar negeri.

“Materi kali ini agak sedikit padat. Sengaja panitia setting karena bertepatan dengan momen Hari Kartini. Itulah kenapa salah satu pemateri perempuan diminta untuk menjelaskan juga tentang urgensi perempuan dalam menuntut ilmu. Serta porsi-porsi perempuan dalam pengembangan karier baik dalam maupun luar negeri,” katanya.

Selain itu, Mumu sapaan akrab --Mutia Mutmainnah Darmuh juga menjelaskan pentingnya menjadi perempuan yang berkualitas berkontribusi untuk peradaban negeri tanpa melupakan kodratnya. Ia mencontohkan dalam hal pengembangan public speaking serta management leadership pemimpin perempuan di era 4.0.

“Salah satu contoh yang sedang beraktivitas banyak di Taiwan di antaranya bergabung dengan beberapa organisasi-organisasi, salah satunya PPI Taiwan,” kata dosen yang juga Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris ini.

Pemateri yang lain, Muldi, panggilan Andi Miftahul Maulidil Mursyid berbagi tentang persiapan untuk menjemput beasiswa luar negeri.

Pria yang mengabdi pada salah satu universitas di Makassar ini menjelaskan persiapan seleksi awal penerimaan beasiswa dan potensi yang harus dimaksimalkan oleh mahasiswa yang bukan latar belakang Bahasa Inggris.

“Moderator Webinar kali ini sama dengan yang sebelumnya, yaitu dosen milenial Mulyadi S.Or.,M.Pd. Kegiatan positif seperti ini harus terus dilakukan untuk mengawal work from home dengan baik agar produktivitas informasi tetap terjaga, serta mahasiswa akan lebih dekat dengan mimpi dan cita-cita,” Kepala KUI STKIP Tamsis Bima, Ramli, M.Pd.

Menurut dia, peluang bagi mahasiswa dari Bima khususnya NTB lebih besar. Jadi, jika tidak dimanfaatkan, maka peluang tersebut akan sia-sia. “Insya Allah kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Kantor Urusan Internasional STKIP Taman Siswa Bima,” tutup Ramli.

Suryani Jihad M.Pd, salah seorang dosen tetap di Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa, mengaku menemukan kegiatan tanpa melalui status media sosial rekan kerjanya. Mendapatkan informasi mengenai kegiatan Webinar tersebut dirinya mengaku sangat berminat untuk berpasrtisipasi.

“Saat saya mengikuti kegiatan Webinar yang diadakan dua kali dalam seminggu kemarin, Alhamdulillah luar biasa sekali dengan pembicara-pembicara yang dihadirkan. Sistemnya yang sangat terstruktur dan tentunya motivasi-motivasi untuk mahasiswa utamanya untuk go abroad. Insya Allah setelah mendengar penjelasan para pemateri yang disempurnakan moderatornya,” katanya.

“Saya yakin peserta yang ikut dan utamanya mahasiswa dapat terbakar semangatnya melalui seminar Webinar yang dilaksanakan. Harapan saya tetap berjaya STKIP Taman Siswa Bima agar menghasilkan jebolan-jebolah yang nantinya dapat membanggakan nusa dan bangsa, dan pastinya senantiasa ditunggu event selanjutnya,” ungkap Suryani Jihad. [B-24/*]