Besok Sertijab, ini Rekam Kiprah AKBP Bagus S. Wibowo Selama Bertugas di Bima

Iklan

.

Besok Sertijab, ini Rekam Kiprah AKBP Bagus S. Wibowo Selama Bertugas di Bima

Minggu, 10 November 2019
AKBP Bagus S. Wibowo S.I.K. Foto Ist.

Bima, Kiprah11—  AKBP Bagus Satryo Wibowo S.I.K akan menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Kapolres Bima kepada AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, melalui prosesi sertijab yang rencananya dilaksanakan di Gedung Rupatama Polda NTB, Senin (11/11/2019).

Pada Sertijab itu, AKBP Bagus Satryo Wibowo S.I.K sekaligus akan menerima tugas dan tanggung jawab sebagai Kapolres Lombok Barat.

Kasubbbag Humas Polres Bima, IPTU Hanafi mengatakan, AKBP Bagus S. Wibowo S.I.K telah memimpin di Polres Bima  sejak September 2017 atau kurang lebih 26 bulan, menggantikan AKBP Eka Faturrahman S. Ik .SH. 

Selama di bawah kepemimpinannya, banyak keberhasilan yang telah dicapai seperti mampu menekan kasus yang meresahkan masyarakat yakni kasus pencurian dengan kekerasan (begal) yang sering terjadi di wilayah Belo Selatan, sepanjang Jalan Raya Lintas Renda-Langgudu dan juga di wilayah  Monta bagian dalam sepanjang jalan raya menuju daerah wisata (Pantai Rontu dan Wane).

Selain itu, kasus Narkoba telah banyak yang diungkap. Mengakhiri kepemimpinannya di Polres Bima, AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K telah mengungkap dan menangkap pelaku kasus pembunuhaan terhadap korban Supardin yang terjadi di wilayah Desa Oi Panihi Kecamatan Tambora, serta pengungkapan sejumlah kasus lain.

“Kita mengetahui bersama khususnya warga Bima, bahkan luar Bima bahwa daerah Bima adalah daerah rawan konflik sosial seperti perkelahian antarkampung dengan menggunakan Sajam, tombak, panah, katapel dan juga Senpi rakitan, namun AKBP Bagus S.Wibowo S.I.K  telah mampu meredam setiap gejolak dan permasalahan yang mengarah terjadinya konflik sosial dengan cepat merangkul para tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan stake holder untuk duduk bersama mencarikan solusi,” ujar IPTU Hanafi.

Upaya menangani dan mencegah konflik yang dilakukan Polres Bima dan jajaran di bawah kepemimpinan AKBP Bagus S. Wibowo S.I.K dengan menempatkan personelnya berhari-hari di daerah yang dianggap berpotensi terjadinya konflik sosial.

“Sehingga selama kepemimpinan AKBP Bagus S. Wibowo S.I.K hampir tidak ada suatu konflik sosial seperti perkelahian antarkampung dan desa, karena prinsip beliau dan selalu  menyampaikan arahan kepada personel Polres Bima. Lebih baik capek satu hari daripada tidak tidur berminggu-minggu,” ujar Hanafi.

Atas pencapaian itu, pada saat upacara HUT ke-74 TNI, 5 Oktober 2019 lalu di Makorem 162/WB , AKBP Bagus S. Wibowo  S.I.K mendapatkan penghargaan dari Danrem 162/WB Kolonel C.zi  Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos, SH, M.Han, dengan kategori Polres yang mampu memecahkan permasalahan konflik sosial sehingga masyarakat aman dan tentram.

IPTU Hanafi mengatakan, AKBP Bagus S. Wibowo S.I.K adalah sosok pemimpin yang berjiwa sosial. Selalu  memerhatikan keluhan warga Bima seperti memberikan sumbangan kepada penderita kanker di Desa Campa Kecamatan Madapangga, bantuan beasiswa kepada pelajar tidak mampu yang berprestasi, memberikan Sembako pada masyarakat kurang mampu, membedah rumah masyarakat  tidak layak huni.

Selain itu memberikan bantuan dalam bentuk bangunan MCK, sumur bor yang dilengkapi pipa, tandon, kran siap pakai di beberapa kecamatan.

“Juga hampir setiap hari selama musim kemarau melaksanakan pendistribusikan air bersih untuk masyarakat pada wilayah yang mengalami krisis air bersih. Serta banyak hal lainya yang beliau lakukan untuk warga Bima,” kata Hanafi.

Ditambahkannya, setiap keberhasilan yang dicapai, AKBP Bagus S.Wibowo selalu  merendah. Hal itu terlihat pada perkataan kepada personelnya setiap memimpin apel dan rapat. Dengan nada rendah mengatakan bahwa keberhasilan itu bukan semata-mata keberhasilan Kapolres, melainkan hasil kerja keras seluruh elemen masyarakat dan stakeholder yang ada di wilayah Bima, termasuk seluruh anggota Polres Bima.

“Terakhir seluruh personel Polres Bima dan masyarakat Bima mengucapkan terima kasih banyak kepada AKBP Bagus S. Wibowo S.I.K atas dedikasi dan pengabdian di Polres Bima dan selamat mengemban tugas dan tanggung jawab yang baru sebagai Kapolres Lombok Barat,” pungkas IPTU Hanafi. [MR]