Seleksi PPK Pilkada 2020 Kabupaten Bima Dibuka Januari, ini Informasi yang Perlu Anda Tahu

Iklan

.

Seleksi PPK Pilkada 2020 Kabupaten Bima Dibuka Januari, ini Informasi yang Perlu Anda Tahu

Sabtu, 21 Desember 2019
Komisioner KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin (Baju Putih). Foto Istimewah.

Bima, Kiprah.Berita11.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima mengagendakan seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Bima akan dilksanakan pada Januari 2020 mendatang.

“Bagi masyarakat yang berminat menjadi penyelenggara Pemilu, mulai sekarang silakan menyiapkan diri. Karena pada Januari 2020, kita akan membentuk Ad Hoc PPK,” kata Komisioner KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin, Kamis (19/12/2019).

Ady menyebutkan, informasi seleksi PPK,  berdasarkan Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota tahun 2020, sebagaimana yang dijelaskan kembali dalam Surat Edaran KPU RI Nomor 2254 Tahun 2019.

“Tahapan pembentukan Anggota PPK akan dilaksanakan mulai 15 Januari 2020-14 Februari 2020,” sebutnya.

Berkaitan detail informasi tahapan, termasuk kelengkapan administrasi yang perlu disiapkan calon anggota PPK akan diumumkan secara resmi dan terbuka melalui media massa, website, media sosial dan papan pengumuman di kantor KPU Kabupaten Bima.

“Ketentuan, syarat dan informasi lainnya insyaAllah akan segera kami umumkan dalam waktu dekat, setelah membahasnya bersama di internal KPU Kabupaten Bima,” ujarnya.
Instrumen pendukung kerja KPU Kabupaten Bima yakni PPK, akan bertugas membantu proses penyelenggaraan pemilihan di tingkat kecamatan lebih kurang 8-9 bulan.

Dikatakannya, pembentukan anggota PPS akan diatur dalam Peraturan KPU yang mengatur pembentukan dan tata kerja. Peraturan itu akan segera diundangkan sebagai pedoman bagi KPU kabupaten/kota dalam membentuk PPS.

“Intinya saat ini kami mengharapkan kepada masyarakat mulai menyiapkan diri untuk menghadapi seleksi dengan membekali kemampuan pemahaman kepemiluan dan dasar komputer yang baik,” pungkasnya. [AD]