Jadi Contoh di KLU, Desa Jenggala Gunakan Dana Desa untuk Upaya Pencegahan Covid-19

Iklan

.

Jadi Contoh di KLU, Desa Jenggala Gunakan Dana Desa untuk Upaya Pencegahan Covid-19

Sabtu, 28 Maret 2020
Kepala Desa Jenggala KLU, Fahruddin Bersama Bintara Pembina Desa dan Sejumlah Elemen.

Tanjung, Berita11.com— Upaya pencegahan wabah virus Corona (Covid-19) tak hanya bisa diserahkan kepada Gugus Tugas Tingkat Daerah. Namun memerlukan berbagai pihak untuk bergandengan tangan dan merespon cepat. Hal itu yang cepat diterjemahkan oleh Kepala Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Pemerintah Desa setempat bertekad menjadi contoh di KLU dengan menggunakan dana desa untuk upaya pencegahan Covid-19.

Kepala Desa Jenggala, Fahruddin mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan beberapa program kegiatan untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Di antaranya yang telah dilakukan Pemdes setempat, membentuk Tim Relawan Covid-19 Desa Jenggala. Selain itu, melaksanakan sosialisasi secara langsung dan secara tertulis melibatkan semua elemen di Desa Jenggala seperti warga, para pemuda, para tokoh, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan elemen lainnya.

“Kami melaksanakan sosialisasi langsung dan secara tidak langsung melalui penyebaran imbauan tertulis,” ujarnya di KLU, Sabtu (28/3/2020).

Fahruddin menjelaskan, Pemerintah Desa Jenggala sudah melaksanakan penyemprotan disinfektan pada sejumlah titik strategis yang biasa menjadi tempat ramai aktivitas warga seperti tempat ibadah, Posyandu dan semua dusun di desa setempat. Upaaya pencegahan penularan Covid-19 dilakukan untuk 2.800 lebih kepala keluarga atau 9.680 jiwa di desa setempat.
Kepala Desa Jenggala, Fahruddin Terlibat dan Memantau Langsung Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Desa Setempat. 

Direncanakan, Pemdes Jenggala juga akan melakukan pengadaan tempat cuci tangan menggunakan ember besar yang selanjutnya akan disebar ke masing-masing dusun untuk mencegah penularan Covid-19. Kegiatan itu, swadaya masyarakat Desa Jenggala dan manfaatkan dana desa untuk membantu masyarakat sekitar. [B-17]