Hadir dengan Banyak Kepala OPD, Bupati Dinda dan Wabup Bima Bertemu Masyarakat Sanggar

Iklan

.

Hadir dengan Banyak Kepala OPD, Bupati Dinda dan Wabup Bima Bertemu Masyarakat Sanggar

Jumat, 28 Februari 2020
Penyambutan Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri dan Wakil Bupati Bima, H Dahlan M Noer Bersama Rombongan oleh Masyarakat di Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Jumat (28/2/2020).


Bima, Kiprah. Berita11.com— Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri  dan Wakil Bupati Bima, H Dahlan M Noer melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di sejumlah desa di Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Jumat (28/2/2020). Bupati dan Wabup Bima hadir bersama setidaknya delapan kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Rombongan Bupati Bima tiba di Kantor Camat Sanggar sekira pukul 11.30 Wita dan disambut Camat setempat. Setelah itu, menuju Mesjid Al Munawar Desa Kore untuk melaksanakan salat Jumat. Setelah itu, kembali ke Kantor Camat Sanggar untuk santap siang dan istrahat.

Sekira Pukul 14.40 Wita Bupati Bima dan Wakil Bupati melaksanakan keggiatan di RT 11 Desa Kore meletakan batu pertama Kantor Bumdes Desa Kore dan bertatap muka dengan warga desa setempat.

Pada kesempatan itu, Bupati Bima meminta kepada masing-masing Kadus menyampaikan keluhan.

Kadus Balambon Suwandi meminta pembukaan gang baru sepanjang satu kilometer lebih di belakang dusun setempat.

“Kalau pembukaan gang harus ada persetujuan dari pihak yang memiliki tanah dan nanti akan dibantu apabila terdapat kekurangan,” kata Bupati IDP menanggapi.

Sementara Kadus Naren, Mahmud M Saleh meminta perbaikain lanjutan gang yang menuju kuburan, karena kondisi jalan 200 meter lebih di dusun setempat yang bergelombang dan belum diaspal.

“Akan dibantu dalam pendanaa ADD, namun akan tetap dibantu apabila ada kekurangan dalam pelaksanaan,” kata Bupati Bima.

Sementara itu, Kadus Oi Kawa, Iswad Ismail meminta dukungan dari Bupati Bima berkaitan penanggulangan banjir untuk tiga dusun yaitu Oi Kawa, Susun Puntimoro dan Dusun Balambo.

“Saat ini sudah ada pembahasan dengan Camat Sanggar seperti apa yang akan dilakukan dan saat ini ada rencana pengalihan air untuk meminimalisir terjadinya banjir. Namun teknisnya seperti apa, nanti akan dituangkan dalam perencanaan apa bisa dikerjakan secara manual atau harus melalui mekanisme proyek,” kata IDP.

Pada kesempatan yang sama, Kadus Puntimoro Amirullah menyampaikan saran untuk menimialisasi banjir, sehingga setiap lahan yang ditanami bisa membuat treseri untuk mengurangi erosi. “Pembuatan gudang untuk menanggulangi dan menampung hasil laut dari nelayan yang ada di Desa Kore,” katanya.



Bupati Bima mengatakan, pihaknya sedang mencari siapa yang mengolah lahan. Adapun yang diutamakan pengusaha yang ada di Kecamatan Sanggar. “Apa yang dibangun nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh nelayan Desa Kore pada khususnya dan masyarakat Kecamatan Sanggar pada umumnya,” katanya.

Adapun Kadus Diwupa'a Tasrif meminta bronjonisasi sepanjang sungai 500 meter, karena kondisi sungai setempat dikuatirkan terus terkikis, sehingga akan berdampak terhadap rumah yang ada di pinggir sungai.

“Apa yang disampaikan tertuang di Musrenbang, karena terkadang penanganan banjir harus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi termasuk bronjong yang disampaikan,” katanya.

Sekira pukul 16.10 Wita, Bupati Bima dan Wakil Bupati Bima beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke Desa Sandue dan bertatap muka dengan warga Desa Sandue untuk melakukan dialog. Para Kadus setempat menyampaikan masukan dan harapan kepada Bupati Bima.

Sekira pukul 17. 10 Wita, Bupati Bima dan Wakil melanjutkan kunjungan ke Desa Taloko dan langsung melalsanakan tatap muka dengan warga Desa Taloko.

Mewakili massyarakat dan tokoh pemuda setempat, Kadus Salimi Desa Taloko M Yaqub meminta bantuan untuk merehab total Masjid Nurul Yaqin Desa Taloko, bantuan memperluas Poskesdes yang sangat sempit.

“Untuk merehab sebuah masjid harus ada tersedia dana swadaya dari masyarakat 100 untuk modal awal, sehingga bisa mengimbangi dana bantuan dari Pemda atau APBD 2 terkait bantuan merehab total masjid. Terkait perluasan Poskesdes mohon dikomunikasikan dengan Kades,” kata Bupati Bima.

Harapan permohonan bantuan juga disampaikan Kadus Doro Toi, Kadus Rasabou,  Kadus Tolonggela, tokoh pemuda Desa Taloko Hafidan

Kegiatan Kunker Bupati Bima di Kecamatan Sanggar, berakhir sekira pukul 18.20 Wita. Sejumlah pejabat yang turut mendampingi Asisten 1 Putarman SE, Asisten II  H.Nurdin, Asisten III H Arifudin, Kadis DKP Hj.Nurmah, Kadis Perkim Taufik ST MT, Kadis Peternakan, Ir Rendra, Kadis Pengairan Jaharudin, ST, Kadis Pariwisata Dahlan, Camat Sanggar Ahmad, SH, KUPT se Kecamatan Sanggar, Kades se Kecamatan Sanggar, Kepala Sekolah SD/SMP se Kecamatan Sanggar, sejumlah tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. [B-11]