Respon Pandemi Corona, GP Ansor Minta Pemkot Bima segera Bersikap

Iklan

.

Respon Pandemi Corona, GP Ansor Minta Pemkot Bima segera Bersikap

Minggu, 15 Maret 2020
Ketua PC GP Ansor Kota Bima, Rafi'in M Rum.

Kota Bima, Berita1.com— Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kota Bima Rafi'in M. Rum meminta kepada Pemerintah Kota Bima segera merespons dampak penyebaran Virus Corona dengan melakukan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) mengambil langkah antisipasi atas penyebaran Covid-19.

Merujuk pada Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Lock Down dari beberapa daerah di Jawa dalam beberapa hari terakhir ini menjadi acuan bagi Pemkot Bima segera bersikap dan mengambil langkah antisipatif.

Ditambah lagi dengan pernyataan sikap pemerintah yang telah menetapkan penyebaran Virus Corona sebagai bencana nasional. Pernyataan itu disampaikan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk Indonesia Achmad Yurianto.

“Bukan darurat nasional. Ini sudah bencana nasional. Darurat nasional bagaimana, kalau dipegang BNPB kan sudah bencana nasional,” katanya di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (14/ /3/2020).

“Langkah cepat Pemkot Bima dan Pemprov NTB harus segera dilakukan. Sudah seharusnya pemerintah daerah menunjukkan kepedulian dalam penanganan penyebaran COVID-19 ini,” katanya.
Menurut pria yang akrab disapa Rafik ini, sudah semestinya pemerintah bersikap cepat, antisipatif dan terbuka. Transparansi pemerintah dalam penanganan kasus corona, ujar Rafik diperlukan untuk mempercepat penanganannya.
Menurut Rafik, pernyataan jubir penanganan COVID-19 Achmad Yurianto sudah tepat, dan harus segera direspons cepat oleh pemerintah daerah, agar penularan tidak meluas dan memberikan rasa aman warga.

Ia mengatakan, yang harus dilakukan juga dalam waktu dekat ini adalah memastikan langkah stabilisasi ekonomi di daerah. Yakni, memprioritaskan stabilitas harga pangan dan ketersediaan terutama dari aksi kepanikan warga membeli (panic buying), terutama memasuki bulan Ramadan di mana tingkat konsumsi cenderung naik.

Selain itu, lanjutnya, mendorong Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Koperindag menjamin kegiatan produksi tetap berjalan. Mengingat kekuatiran penyebaran virus akan meluas itu.
Kata Rafik, masyarakat memerlukan informasi yang benar, jelas, dan konsisten dari pemerintah. “Oleh karena demikian kami dari Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Bima meminta kepada Pemerintah Kota Bima segera menyikapi terkait fenomena pandemi global ini,” harapnya.

Minggu Siang Gubernur NTB Gelar Rapat dengan Seluruh Bupati, Wali Kota dan Institusi



Direncanakan pada Minggu, 15 Maret 2020 siang ini, Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah akan melaksanakan Rapimsus membahas Virus Corona dan persiapan rapat pimpinan daerah. Rapat akan dilaksanakan pada ruang rapat utama kantor Gubernur NTB.

Sejumlah pihak yang diundang melalui undangan oleh Sekda NTB  dalam Rapimsus, Gubernur NTB, Wakil Gubernur NTB, Ketua DPRD Provinsi NTB,  Kapolda NTB,  Danrem 162/WB,  Kajati NTB,  DanLanud ZAM, DanLanal Mataram, KaBinda NTB, Wali Kota dan Bupati seluruh NTB.